Posisi Tidur Dapat Mempengaruhi Bentuk Tubuh

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

DokterSehat.Com– Tidur merupakan saat dimana tubuh dan pikiran Anda beristirahat dari segala aktivitas. Walaupun demikian, sebaiknya aturlah posisi tidur Anda agar tidak terjadi gangguan setelah bangun tidur. Sebaiknya tidur atau berbaring dalam posisi yang melemahkan otot dan ligament agar dapat meregangkan punggung bawah sehingga terhindar dari masalah punggung dan nyeri.

Secara alami lengkungan daerah lumbar (bagian kecil di atas panggul atau tulang pinggul ) atau disebut dengan lumbar lordosis membantu memberikan kekuatan pada kolom vertebralis. Posisi tidur yang mendukung kelengkungan ini dan kepala yang sejajar dengan tulang belakang serta tulang panggul bisa memperkuat kembali otot-otot dan ligament untuk memperbaiki postur tubuh.

Berikut posisi tidur yang dianjurkan untuk menjaga bentuk postur tubuh dan bangun dengan badan segar:

1. Posisi tidur telentang dengan kepala menghadap atas
Posisi kepala saat tidur mempengaruhi posisi seluruh tubuh dan meningkatkan tekanan pada tulang belakang serta otot punggung. Letakkan bantal di bawah kepala dan leher bukan di bahu, lalu gunakan bantal yang cukup kuat untuk mendukung kepala dan sejajar dengan tulang belakang. Menggunakan bantal yang terlalu tebal atau lembut bisa menyebabkan sakit leher dan punggung serta membuat postur tubuh yang buruk. Tidur telentang, dapat mempertahankan kontur normal tulang belakang dan buat lutut kita lebih nyaman dengan cara menaruh bantal di kepala dan di bawah lutut kita. Tambahkan juga gulungan handuk pada punggung bagian bawah jika perlu.

2. Posisi tidur menyamping
Untuk yang tidur menyamping, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, maka tambahkan gulungan handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan mempertahankan kontur normal tulang. Tidur dengan punggung melengkung membentuk huruf C bisa meregangkan ligament tulang belakang dan melemahkan otot pinggang. Hal ini memperburuk postur tubuh saat duduk dan berdiri. Untuk itu, kurangi lengkungan dengan melengkungkan sedikit bagian bawah punggung ke dalam ketika tidur menyamping. Hal itu bisa membuat meperkuat kembali otot-otot punggung dan mencegah otot bahu membungkuk. Hindari posisi lutut yang mendekati dada dengan menempatkan bantal atau guling di antara lutut untuk menyelaraskan panggung, tulang belakang dan kepala.

3. Sebaiknya hindari tidur posisi tengkurap
Tidur telungkup adalah posisi tidur yang paling buruk karena menekan jantung, paru-paru dan perut. Secara postur pun akan berpengaruh buruk terutama untuk kaum perempuan karena akan memberikan tekanan besar pada dada. Namun, bila karena sesuatu hal anda harus tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher anda. Hal ini untuk menghindari kondisi tulang belakang menjadi tegang. Bila perlu tambahkan gulungan handuk di pergelangan kaki atau dekat mata kaki. Metode ini sangat baik untuk meredam rasa sakit bagi orang yang mengalami pembengkakan pada bantalan tulang belakang.

4. Untuk yang tidur dengan posisi berubah-ubah
Tingkatkan kesehatan kontur tulang belakang kita seoptimal mungkin dengan cara memperbaiki posisi bantal yang disesuaikan dengan posisi awal tidur setiap kali kita terjaga. Kita cukup menggunakan satu bantal saja untuk menyangga kepala dan leher.

5. Memberi dukungan untuk lekukan tubuh
Dukungan untuk lekukan tubuh biasanya dipengaruhi kasur yang digunakan. Kasur yang terlalu lembek membuat tubuh melorot di tengah dan tidak memberikan dukungan yang cukup untuk mempertahankan posisi tubuh yang benar saat tidur. Sebaiknya gunakan kasur/ matras yang datar dan rata, yang mampu menyangga posisi tubuh kita dengan rata. Jika kasur yang dimilki tidak cukup kuat, gunakanlah papan khusus untuk memberi dukungan lebih pada punggung. Namun, jangan pula menggunakan kasur yang terlalu keras karena tidak mendukung kelengkungan alami dari tubuh. Pilihlah kasur yang bisa membuat nyaman pada titik-titik tekanan normal, tetapi memberikan dukungan yang baik untuk tubuh.