Posisi tidur dan hubungannya untuk kesehatan

DokterSehat.Com – Mungkin ketika anda tidur, anda dapat melakukan berbagai macam posisi tidur untuk mebuat anda lebih nyaman. Akan tetapi apakah anda tahu bahwa posisi tidur berpengrauh dalam kesehatan tubuh anda ?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Posisi tidur yang anda lakukan pada malam hari akan berpengaruh pada kebugaran anda esok harinya, abila mendapati posisi tidur anda yang salah akibatnya badan anda akan merasa kurang fit dan mengurangi kinerja anda esok hari. Berikut adalah beberapa panduan bagaimana posisi tidur yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Tidur telentang memiliki manfaat yang sama dengan melakukan Yoga

Tidur dengan posisi telentang ternyata sama manfaatnya ketika Anda melakukan gerakan yoga “Savasana” atau yang biasa disebut dengan “death pose” yaitu posisi berbaring lurus. Para ahli Yoga menjelaskan posisi ini bisa memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit kepala, memulihkan energi dan mengurangi insomnia. Terlebih jika matras yang dipakai mengikuti bentuk tubuh Anda saat tidur.

Satu-satunya masalah pada posisi ini adalah pada orang orang yang sering mendengkur dikarenakan lidah nya terjatuh ke belakang dan mengganggu saluran pernafasan sehingga timbullah suara mendengkur.

Tidur tengkurap bisa mencederai leher

Banyak orang tidur dengan posisi tengkurap baik secara sadar atau tidak sadar, dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut sangat berpotensi mencederai beberapa bagian tubuh Anda, terutama leher Anda. Ketika Anda tengkurap untuk waktu yang lama, anda meletakkan tekanan yang tidak semestinya pada bagian atas tubuh anda. Anda juga menaruh leher anda pada posisi yang tidak nyaman.

Masalah tidur tengkurap tidak hanya pada leher. Anda juga akan meletakkan beban terlalu berat pada paru paru Anda, yang bisa mengganggu sistem pernapasan. Posisi tidur tengkurap harus dihindari sebisa mungkin.

Baca Juga:  Mengenal Arthritis Gout

Tidur miring ke kiri bagus untuk jantung

Posisi tidur miring ke kiri membantu sirkulasi dan peredaran darah pada jantung, dan juga menghindari tekanan langsung pada liver. Oleh sebab itulah banyak ahli kandungan yang menyarankan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri dikarenakan Posisi tersebut secara riset adalah posisi paling nyaman saat mengandung, dan juga dipercaya sirkulasi gizi bayi melalui ari ari bisa disalurkan dengan lebih baik.

Tidur miring ke kanan menaikkan asam lambung

Tidur miring ke kanan dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung yang dapat menyebabkan insomnia dan rasa tidak nyaman pada perut. Penderita asam lambung sebaiknya melatih tidur dengan cara berganti posisi ke kiri pada malam hari.