Posisi Tidur Aman Untuk Jantung dan Paru-paru

doktersehat-tidur-nyenyak

Posisi tidur ternyata berpengaruh kepada kesehatan oleh sebabnya memperhatikan posisi tidur kita sangat penting untuk diperhatikan. Pada dasarnya, ketika tidur kita sangat disarankan untuk memiringkan posisi tubuh ke sebelah kanan dibandingkan dengan posisi miring kiri.

Penelitian menemukan bahwa ada pengaruh antara tidur miring ke kanan dengan kesehatan tubuh. Ada beberapa organ di dalam tubuh yang terlindungi saat kita tidur dengan posisi miring ke kanan tidak hanya bagi jantung dan paru-paru, yaitu:

  • Menjaga kesehatan paru-paru

Ukuran paru-paru kiri lebih kecil dari yang kanan. Saat tidur miring ke kiri, jantung akan tertekan oleh paru-paru kanan.Paru-paru kiri yang terdesak oleh jantung itu yang sering menimbulkan perasaan tidak nyaman. Karena itu, lebik baik tidur dalam posisi miring ke kanan.

  • Mengistirahatkan otak kiri

Tidur miring kanan berguna pula untuk mengistirahatkan otak kiri. Otak kiri bertanggung jawab terhadap kerja ogan di sebelah kanan tubuh manusia.Pada orang yang dominan menggunakan bagian tubuh sebelah kanan, kerja bagian tersebut menjadi lebih optimal karena otak kiri lebih rileks.

Baca Juga: Atasi Sakit Punggung dengan 3 Posisi Tidur Ini

  • Mengurangi beban organ jantung

Posisi jantung manusia berada di posisi lebih ke arah kiri. Saat tidur miring ke kanan, organ jantung tidak tertekan oleh bagian tubuh yang lain.Berbeda halnya bila tidur miring ke kiri, jantung akan terasa seperti terhimpit dan suara detak lebih terdengar. Tidur miring kiri juga membuat denyut lebih cepat dan jantung mendapatkan aliran darah secara berlebihan. Jantung juga perlu istirahat sejenak dengan tidur.

  • Sirkulasi darah lebih lancar

Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan posisi tidur miring ke kanan seperti janin saat beristirahat, peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan kualitas tidur yang baik, tubuh secara otomatis beristirahat begitu pula organ-organ tubuh lainnya termasuk jantung bisa bekerja optimal di saat terbangun.

  • Tidur di ruangan berventilasi

Kesalahan umum yang sering dilakukan masyarakat yang hidup di wilayah tropis adalah tidur di ruang tertutup demi mencegah masuknya serangga seperti nyamuk, lalat, laron, dan sebagainya. Posisi tidur yang aman untuk kesehatan paru-paru membutuhkan sirkulasi udara yang baik sehingga suplai oksigen ke otak tidak berkurang. Berada di ruangan tertutup dan tidak ada sirkulasi udara seperti ventilasi akan mengganggu kesehatan paru-paru yang berdampak pada kualitas tidur. Oleh karena itu, posisi tidur haruslah di ruangan yang berventilasi.

Baca Juga: Gara-Gara Salah Posisi Tidur, Wanita Ini Lumpuh!