Posisi Tidur Aman Untuk Jantung Dan Paru-paru

DokterSehat.Com – Posisi tidur ternyata berpengaruh kepada kesehatan oleh sebabnya memperhatikan posisi tidur kita sangat penting untuk diperhatikan. Pada dasarnya, ketika tidur kita sangat disarankan untuk memiringkan posisi tuh ke sebelah kanan dibandingkan dengan posisi miring kiri.

9

Dan belakangan, penelitian menyebutkan, ternyata ada pengaruh antara tidur miring ke kanan dengan kesehatan tubuh.

Ada beberapa organ di dalam tubuh yang terlindungi saat kita tidur dengan posisi miring ke kanan, yaitu :

  • Mennjaga kesehatan paru-paru
    Ukuran paru-paru kiri lebih kecil dari yang kanan. Saat tidur miring ke kiri, jantung akan tertekan oleh paru-paru kanan.

    Paru-paru kiri yang terdesak oleh jantung itu yang sering menimbulkan perasaan tidak nyaman. Karena itu, lebik baik tidur dalam posisi miring ke kanan.

  • Mengistirahatkan otak kiri
    Tidur miring kanan berguna pula untuk mengistirahatkan otak kiri. Otak kiri bertanggung jawab terhadap kerja ogan di sebelah kanan tubuh manusia.

    Pada orang yang dominan menggunakan bagian tubuh sebelah kanan, kerja bagian tersebut menjadi lebih optimal karena otak kiri lebih rileks.

  • Mengurangi beban organ jantung
    Posisi jantung manusia berada di posisi lebih ke arah kiri. Saat tidur miring ke kanan, organ jantung tidak tertekan oleh bagian tubuh yang lain.

    Berbeda halnya bila tidur miring ke kiri, jantung akan terasa seperti terhimpit dan suara detak lebih terdengar. Tidur miring kiri juga membuat denyut lebih cepat dan jantung mendapatkan aliran darah secara berlebihan. Jantung juga perlu istirahat sejenak dengan tidur.