Posisi-posisi yang Aman untuk Bercinta

DokterSehat.Com – Ada berbagai gaya bercinta yang bisa dieksplorasi dengan pasangan. Tapi tidak semua posisi seks yang aman untuk mencoba, terutama jika pasangan memiliki pengalaman tidak banyak.



Aman atau tidaknya posisi bercinta relatif tergantung umur dan kebugaran dia, jelas Dr Andri Wanananda MS. Dijelaskan Dr Andri, posisi woman on top (wanita di atas) atau man on top (pria di atas) merupakan posisi yang cukup aman bagi pasangan yang tidak terlalu menyukai posisi aneh.

Variasi kayak standing 69 mungkin bisa saja berbahaya, tapi itu tadi kembali lagi ke umur si individu, kebugarannya, dan lagi-lagi kesepakatan bersama, ujar dokter yang juga pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Jika bosan dengan posisi woman on top atau man on top, Anda bisa mencoba variasi yang aman, seperti side by side position, yaitu dengan posisi miring mirip posisi sendok. Atau sitting position, yaitu pria duduk sembari memangku si wanita. Menurut Dr Andri, dua posisi ini memiliki kemungkinan trauma yang relatif kecil.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dr Indra G mansur, DHES, Sp.And. Menurutnya, keamanan posisi bercinta tergantung pada kondisi fisik setiap individu.

Kalau penis dimasukkan ke vagina, ya itu cara yang benar. Kalau dimasukkan ke dubur atau mulut bisa saja itu tidak nyaman. Kalau orang tidak nyaman, pasti dia tidak akan melakukan itu. Jadi aman atau tidaknya itu juga tergantung dari kenyamanan dan hubungan yang enaklah katakan, bagi kedua orang tersebut, ujar Dr Indra, yang merupakan staf Pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.