Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Ibu hamil tentu harus menjaga kondisi kehamilannya sebaik mungkin hingga sang buah hati bisa dilahirkan dengan selamat. Biasanya, ibu hamil akan menjaga asupan gizinya sebaik mungkin untuk memastikan janin di dalam kandungan bisa tumbuh dengan sebaik-baiknya. Selain itu, ibu hamil juga cenderung lebih sering beristirahat dan tidak melakukan banyak kegiatan yang berat. Hanya saja, ibu hamil yang hanya duduk-duduk dengan nyaman namun tidak memperhatikan posisi duduknya ternyata juga masih beresiko membuat kehamilan bermasalah. Apa sajakah posisi duduk yang sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil?

doktersehat-kehamilan-hamil

Ibu hamil yang sedang bersantai di rumah bisa saja menghabiskan waktunya untuk menonton televisi, bermain gadget, hingga mendengarkan radio. Yang menjadi masalah adalah, beberapa ibu hamil secara tidak sadar akan duduk dengan membungkuk. Padahal, posisi duduk membungkuk akan memicu sumsum tulang belakang yang semakin menegang. Selain itu, posisi duduk membungkuk juga akan menekan posisi rahim sehingga janin di dalam perut pun bisa semakin tertekan dan membahayakan kehamilan. Selain memperhatikan postur tubuh, ibu hamil sebaiknya juga memperhatikan tempat duduknya. Biasanya, ibu hamil yang duduk pada kursi yang tidak memiliki kursi sandaranlah yang akan membuat posisi duduk yang membungkuk dan menyebabkan ketegangan pada tulang belakang.

Ibu hamil juga sebaiknya menghindari posisi duduk dengan kaki yang menggantung. Kursi yang cenderung sangat tinggi atau sofa yang memancing kita untuk duduk selonjoran ternyata bisa membuat kita tanpa sadar duduk dengan kaki menggantung. Posisi ini ternyata bisa memicu kenaikan aliran darah pada kaki yang bisa memicu pembengkakan yang parah pada kaki. Selain itu, ibu hamil yang duduk dengan posisi setengah duduk layaknya saat kita baru saja bangun tidur atau saat kita menonton televisi dengan posisi tiduran juga akan berbahaya bagi tubuh dan tulang belakang. Posisi ini ternyata memiliki resiko yang sama dengan posisi duduk membungkuk karena menekan tulang punggung dan rahim.