Posisi Duduk Berbahaya Saat Hamil

DokterSehat.com – Selain asupan nutrisi, posisi tubuh saat hamil juga harus diperhatikan dengan baik, termasuk saat duduk. Posisi duduk yang salah juga bisa memberi pengaruh buruk pada kesehatan janin maupun ibu. Berikut ini beberapa posisi duduk yang sebaiknya dihindari wanita hamil:



1. Duduk membungkuk

Saat sedang santai wanita hamil kerap tidak sengaja duduk dengan posisi membungkuk. Padahal posisi ini cukup berbahaya karena punggung wanita hamil menjadi tak lurus. Saat hamil sumsum tulang belakang sudah dibebani dengan peningkatan bobot tubuh. Dengan duduk membungkuk maka bisa memperburuk kondisi sumsum tulang belakang Anda.

2. Duduk dengan kaki bergantung

Posisi duduk dengan kaki menggantung bisa meningkatkan aliran darah ke kaki Anda. Kondisi ini tentu saja bisa membuat kaki wanita hamil menjadi makin bengkak.

3. Duduk tanpa sandaran

Duduk tanpa sandaran bisa membuat tulang punggung makin tegang karena dalam kondisi hamil wanita akan lebih rentan mengalami nyeri punggung. Karena itulah, usahakan duduk selalu menyandar dengan posisi  punggung yang lurus.

4. Duduk dengan tubuh mendongak ke depan

Duduk dengan tubuh mendongak ke depan bisa memberikan tekanan pad bayi. Jika posisi ini berlangsung lama maka dapat membahayakan kondisi janin. Pada usia kehamilan yang sudah besar, tulang rusuk akan menekan bayi dan meninggalkan bekas permanen pada bayi nantinya.

5. Posisi setengah duduk

Posisi setengah duduk juga sering dilakukan wanita hamil terutama saat sedang di tempat tidur. Posisi ini bisa memberikan banyak tekanan di sumsum tulang belakang. Hal inilah yang menyebabkan Anda merasakan nyeri di punggung saat duduk dengan posisi setengah duduk dalam waktu lama.