Posisi Bercinta Bisa Percepat Kehamilan?

Doktersehat.com – Mencoba berbagai gaya saat bercinta dipercaya dapat lebih membangkitkan gairah pasangan Anda. Bahkan ada anggapan bahwa gaya bercinta tertentu dapat meningkatkan peluang kehamilan. Benarkah demikian?



Pada dasarnya dalam sebuah pernikahan seks mempunyai dua fungsi, yakni untuk bereproduksi atau menghasilkan anak, dan juga berguna sebagai rekreasi untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan. Jadi wajar saja bila setiap pasangan ingin mencoba macam-macam gaya bercinta apabila ingin segera menghasilkan keturunan.

Akan tetapi pada kenyataannya gaya bercinta tidak memiliki banyak pengaruh terhadap terjadinya kehamilan. Menurut dokter kandungan, dr. Ivan, peluang kehamilan tidak ada hubungannya dengan posisi bercinta.

Beberapa pasangan bahkan ada yang menaruh bantal pada pinggang saat bercinta dengan harapan agar lekas mendapatkan momongan. Padahal hal itu tidak berpengaruh sama sekali terhadap proses pembuahan.

Seorang pakar seksologi, dr. Andri Wanananda juga mengutarakan hal yang sama. “Posisi hubungan seksual tidak terlampau berpengaruh untuk terjadinya kehamilan,” jelas Dr Andri,

Dr. Andri mengungkapkan bahwa terjadinya kehamilan dan pembuahan dipengaruhi oleh faktor. Yang pertama adalah kualitas ovarium atau indung telur wanita yang menghasilkan ovum/ sel telur yang baik. Kedua, saluran tuba eustachii atau saluran indung telur yang mengantarkan sel telur bertemu dengan sel jantan atau spermatozoa. Ketiga, tempat  hidupnya janin yakni dinding rahim.

Faktor kualitas sperma laki-laki juga berpengaruh terhadap peluang kehamilan. Jumlah dan bentuk sel jantan serta gerak (motilitas) sel jantan jelas memiliki pengaruh cepat atau tidaknya terjadi pembuahan.

Sumber: detik.com