Portugal Menerapkan Aturan yang Menjauhkan Perokok Dari Lingkungan Sekolah dan Rumah Sakit

DokterSehat.Com – Layaknya di Indonesia, di Portugal juga kita bisa menemukan banyak sekali perokok yang bisa menghisap rokoknya dimana saja. Melihat adanya dampak kesehatan yang kurang baik jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka Pemerintah Portugal pun menerapkan sebuah peraturan yang akan melarang perokok berada di dekat lingkungan sekolah dan rumah sakit. Peraturan ini sendiri telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Portugal pada Kamis kemarin, 15 September 2016.

doktersehat-rokok-mudah-sakit-resiko-jantung-stroke

Otoritas Kesehatan dari negeri semenanjung Iberia ini berkata jika para perokok akan dilarang memasuki area dekat dengan tempat bermain dengan anak-anak, area yang dekat dengan pintu dan jendela gedung-gedung pendidikan serta gedung kesehatan mulai awal Januari tahun depan. Tujuannya adalah agar warga yang tidak merokok terlindungi dari paparan asap rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga agar bisa mengendalikan konsumsi rokok yang cukup tinggi di Portugal.

Menurut data kesehatan dari Direktorat Kesehatan Umum Portugal, setidaknya 12 ribu warga harus meregang nyawa akibat rokok ini. Memang, semenjak 2008 sudah ada larangan untuk merokok di beberapa tempat di negeri ini, namun, aturan ini diyakini cukup longgar jika dibandingkan dengan Negara-negara Eropa lainnya sehingga korban dari rokok ini masih cukup banyak.

Dengan adanya peraturan baru ini, diharapkan para perokok tidak bisa mendekati setidaknya 100 meter dari gedung-gedung sekolah dan rumah sakit, area yang memang seharusnya steril dan aman bagi kesehatan dan membutuhkan udara segar setiap saat. Bahkan, pada tahun 2020 mendatang, pemerintah Portugal berencana menerapkan aturan yang jauh lebih ketat, yakni melarang semua orang untuk merokok di gedung umum yang tertutup. Harapannya, banyak tempat kerja akan memiliki ruangan khusus merokok sendiri sehingga resiko orang lain menjadi perokok pasif bisa semakin ditekan. Pada tahun tersebut juga direncanakan akan ada larangan bagi rokok dengan rasa aromatic dan juga rokok elektronik yang masih mengandung nikotin untuk beredar di Portugal.