Ponsel Harus Dibersihkan Setiap Hari

DokterSehat.Com – Ponsel adalah salah satu gadget modern yang hampir tidak pernah bisa dilepaskan dari tangan manusia modern. Banyak kelakar yang menyebutkan jika ponsel kini telah menjadi bagian tubuh terbaru yang dimiliki oleh manusia karena hampir tidak pernah jauh dari tangan sejak bangun tidur hingga kembali tidur. Karena ponsel terus dibawa bersama berbagai kegiatan harian, ponsel pun akan memiliki resiko terkena berbagai kotoran, kuman, hingga bakteri. Hal ini berarti, ponsel pun harus dibersihkan setiap harinya.

iphone

Pernahkah anda membayangkan betapa kotornya ponsel kita? Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa setidaknya ada 7.000 jenis bakteri yang ada pada ponsel dan mengingat rata-rata manusia akan menyentuh ponselnya sekitar 150 kali dalam sehari, maka resiko tangan kita terkena bakteri dari ponsel pun akan sangat besar, bukan? Apalagi ada sebagian orang yang bahkan membawa ponselnya ke toilet. Ponsel jelas harus dibersihkan setiap hari!

Ponsel akan cenderung lebih hangat saat digunakan dan suhu yang hangat inilah yang membuat bakteri bisa berkembang dengan pesat. Beberapa jenis bakteri yang ditemui dalam ponsel ternyata bisa sangat berbahaya bagi manusia. Sebagai contoh, bakteri layaknya enterococcus atau pseudomonas yang biasanya berada pada hewan, tanah, hingga kotoran ternyata juga bisa berkembang pesat pada ponsel, khususnya di sela keypad yang bersentuhan langsung dengan jari. Bayangkan betapa banyak orang yang langsung makan tanpa mencuci tangannya setelah menyentuh ponselnya. Bakteri pun beresiko langsung bisa berpindah dari ponsel ke tubuh manusia.

Membersihkan ponsel memang tidak bisa dilakukan dengan mencucinya layaknya mencuci baju mengingat kebanyakan ponsel tidak bisa menahan air. Namun, jika kita bisa memakai tisu atau saputangan yang diberikan sedikit cairan antiseptik, maka kita bisa menggunakannya untuk diusap ke ponsel kita. Cara ini setidaknya akan meminimalisir banyaknya bakteri yang menempel pada ponsel kita.