Polusi Udara, Salah Satu Faktor yang Bisa Membuat Kita Terkena Alzheimer

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, banyak masyarakat yang tinggal di kota yang harus tinggal di tengah polusi udara. Tak hanya yang berasal dari emisi gas buang kendaraan, polusi udara ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal lain layaknya gas buang pabrik atau bahkan karena debu dan bahan kimia bangunan. Telah banyak penelitian yang menunjukkan fakta jika polusi udara bisa memicu penyakit berbahaya layaknya serangan stroke, serangan jantung, autisme, hingga masalah hipertensi. Namun, penelitian terbaru menunjukkan fakta mengejutkan dimana polusi udara juga membuat kita terkena Alzheimer.

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Penelitian yang dilakukan di Lancaster University di Inggris raya ini melibatkan 37 orang yang berasal dari Mexico City dan juga Manchester. Hasilnya adalah, mereka menemukan kadar yang sangat besar dari magnetit atau oksida besi beracun yang berada dekat dengan otak mereka karena terpapar polusi udara setiap hari. Sebagai informasi, partikel magnetit ini biasanya berbentuk Kristal dan memang secara alami ada dalam otak manusia. Namun, karena terpapar polusi udara setiap hari, para partisipan ini mengalami peningkatan jumlah partikel magnetit hingga 100 kali lipat akibat dari menghirup gas buang kendaraan, gas buang industry, atau bahkan karena efek dari pembangkit listrik.

Partikel magnetit yang berasal dari polusi udara ini terlihat lebih besar dan lebih bulat dan bisa memasuki lubang hidung dan mengarah ke otak. Jika seseorang banyak menghirup partikel magnetit ini dalam waktu yang lama, maka pada akhirnya Ia akan mengembangkan penyakit Alzheimer.

Tak hanya partikel magnetit, ada banyak sekali partikel lain yang bisa ditemukan pada polusi udara layaknya platinum, nikel, hingga cobalt yang kerap kita hirup sehingga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit Alzheimer saat usia lanjut. Tak hanya itu, ada pula resiko gangguan penurunan tingkat memori pada otak yang cukup signifikan pada mereka yang kerap menghirup polusi udara ini.

Baca Juga:  Cara Alami Hilangkan Jerawat Batu

Dengan adanya fakta ini, jika kita berada di luar ruangan atau berkendara yang membuat kita beresiko besar terkena polusi udara, ada baiknya kita memakai masker kesehatan yang bisa mencegah kita mengirup polusi udara yang berbahaya ini.