Polusi Udara Bisa Picu Obesitas dan Kolesterol

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang penyebab obesitas, kita tentu akan langsung terpikir tentang pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang buruk yang membuat tumpukan lemak pun banyak terdapat pada tubuh. Kedua hal ini memang menjadi penyebab obesitas paling umum. Namun, kini, sebuah penelitian yang dilakukan di Granada, Spanyol, justru menunjukkan fakta yang menarik dimana polusi udara ternyata juga bisa memicu masalah obesitas.

doktersehat-polusi-udara-ginjal

Penelitian yang dilakukan pada 300 responden ini menunjukkan bahwa mereka yang sering terkena paparan polusi udara yang cukup tinggi, yang biasanya adalah penduduk di kota besar yang memiliki kadar polusi udara dari kendaraan bermotor atau bahkan industri, akan lebih beresiko mendapatkan obesitas dan juga memiliki level kolesterol dan gula darah yang tinggi. Polusi udara ternyata bisa mempengaruhi perkembangan penyakit kardiovaskular dan juga penyakit jantung dengan signifikan karena polusi udara juga mempengaruhi cara tubuh menyimpan lemak, yang tentu saja akan memicu masalah obesitas pada tubuh.

Pemimpin penelitian, Juan Pedro Arrebola, berkata jika mereka yang memiliki kadar polutan organik persisten dalam tubuh yang tinggi akan cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih tinggi jika dibandingkan pada mereka yang hidup dengan lingkungan yang rendah polusi udara. Polusi udara bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan pada akhirnya ikut tergabung dengan lemak tubuh yang jika dibiarkan bertahun-tahun akan menyebabkan tumpukan lemak pada beberapa bagian tubuh dan akhirnya memberikan masalah obesitas. Banyaknya kandungan lemak dalam tubuh juga akan beresiko memberikan masalah pada lancarnya peredaran darah karena banyak pembuluh darah yang tertutupi plak sehingga bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Baca Juga:  Kondisi Ini Membuat Pria Beresiko Terkena Kanker Penis

Penggunaan masker di luar ruangan kini memang menjadi hal yang harus kita lakukan agar organ tubuh kita tidak akan terpapar langsung polusi udara. Selain itu, cobalah imbangi banyaknya polutan tersebut dengan makanan-makanan yang sehat, olahraga yang teratur, sekaligus istirahat yang cukup. Dengan gaya hidup yang sehat, kita pun bisa menekan resiko mendapatkan masalah obesitas.