Polusi Udara Bisa Meningkatkan Resiko Kemandulan

DokterSehat.Com – Bagi kaum pria, kemandulan adalah hal yang sangat tidak diinginkan. Kualitas dan kuantitas sperma yang buruk biasanya menjadi penyebab utama dari kemandulan. Kaum pria yang memiliki gaya hidup buruk layaknya dengan sering merokok atau memakai gadget dekat dengan alat kelamin akan memiliki resiko terkena kemandulan lebih besar. Tahukah anda, selain penggunaan gadget atau kebiasaan merokok, ada beberapa penyebab lain kemandulan. Salah satu dari penyebab kemandulan justru mudah ditemui di kota-kota besar; yakni polusi udara dan juga gas buang kendaraan bermotor.

doktersehat-polusi-udara-ginjal

Penelitian kesehatan yang dilakukan di Amerika Serikat ternyata menunjukkan adanya kaitan erat antara tingginya polusi udara dan juga gas buang kendaraan bermotor dengan semakin tingginya resiko seseorang terkena kemandulan. Hanya saja, resiko terkena kemandulan ini justru terjadi bagi kaum wanita. Padahal, kehidupan modern dalam kota tentu akan membuat banyak wanita yang terpapar polusi udara dan gas buang kendaraan bermotor dengan mudah.

Penelitian tentang polusi udara dengan kemandulan ini melibatkan sekitar 36.000 partisipan yang semuanya adalah wanita. Penelitian yang dilakukan dari tahun 1993 hingga tahun 2003. Penelitian menganalisa seberapa banyak polusi udara yang masuk pada tempat tinggal seluruh partisipan dan meneliti kaitan antara polusi udara tersebut dengan kemungkinan mendapatkan kehamilan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika ada 2.500 kasus kemandulan pada seluruh partisipan dan 11 persen dari wanita yang mengalami masalah intertilitas ini ternyata tinggal pada rumah yang lebih dekat dengan jalan raya dan mudah terpapar polusi udara.

Hal ini berarti ada perbedaan resiko yang cukup signifikan antara wanita yang tinggal jauh dari jalan raya dan terkena paparan polusi udara yang lebih sedikit dengan mereka yang tinggal dekat dengan jalan raya dan mudah terkena polusi udara. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa jika kita membiarkan kadar polusi udara dan masalah gas buang kendaraan bermotor tanpa adanya solusi yang baik, maka kita pun akan mengalami masalah kemandulan yang cukup besar di masa depan. Wanita yang banyak berkegiatan di luar ruangan dan beresiko terkena paparan polusi udara juga bisa memakai banyak masker saat berada di jalan raya untuk mengurangi resiko terkena masalah kemandulan ini.