Pola Makan yang Lebih Sehat Mampu Menurunkan Risiko Penyakit Hati

kanker-hati-doktersehat

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika pola makan yang lebih sehat hanya akan memberikan efek berupa menurunnya berat badan sehingga mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Namun, menurut pakar kesehatan, pola makan yang lebih baik ternyata juga bisa memberikan dampak yang lebih besar, khususnya bagi kesehatan organ hati.

Dilansir dari Reuters, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dilakukan untuk mencari tahu lebih dalam tentang penyakit perlemakan hati non-alkoholik (NAFDL). Penyakit ini kerap kali terkait dengan masalah obesitas dan kebiasaan makan tertentu. Penderita penyakit hati ini biasanya akan diminta untuk mengubah pola makan hariannya agar tak lagi mengalami masalah kesehatan yang sama.

Para peneliti mencari tahu apakah pola makan mampu mencegah datangnya penyakit ini dengan cara melibatkan 1.521 orang pada Framingham Heart Study. Para partisipan ini diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi tentang diet harian dan menjalani pemindaian lemak hati dalam jangka panjang. Para partisipan diketahui menjalani pemindaian dua atau tiga kali dalam empat tahun.

Para partisipan yang memiliki pola makan sehat seperti mengonsumsi gandum utuh, sayuran, minyak zaitun, dan protein tanpa lemak cenderung menurunkan risiko terkena penyakit perlemakan hati hingga 26 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan dengan sembarangan.

Para partisipan yang memiliki risiko terkena perlengkapan hati secara genetik dan sembarangan mengonsumsi makanan juga cenderung memiliki risiko terkena penyakit hati lebih tinggi jika dibandingkan dengan para partisipan yang menerapkan diet sehat namun memiliki risiko genetik yang sama.

Penulis senior penelitian ini, Dr. Daniel Levy dari Framingham heart Study dan National Institutes of Health, Bethesda, Maryland, Amerika Serikat menyebutkan bahwa pola makan yang lebih sehat seperti mengonsumsi lebih banyak buah, sayur, dan gandum utuh yang kaya akan serat dan air cenderung tidak mudah terkena perlemakan hati.

Jangan ragu untuk selalu menerapkan pola makan sehat demi mencegah datangnya penyakit hati ya?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik