Pola Makan Yang Baik Bisa Mencegah Masalah Perut Kembung

DokterSehat.Com – Salah satu masalah pada perut yang bisa membuat rasa sangat tidak nyaman adalah perut kembung. Perut kembung ini bisa menyerang siapapun dan bahkan beberapa orang mengaku mereka bisa mengalaminya setiap hari. Perut kembung sendiri bisa terjadi karena di dalam perut kita terdapat banyak sekali udara yang terperangkap sehingga saluran pencernaan pun mengalami gangguan pelepasan gas dan membuat perut pun menjadi sangat tidak nyaman. Apa sajakah penyebab dari masalah perut kembung ini?

doktersehat-sakit-perut

Pakar kesehatan dr. Alessio Fasano menyebutkan jika terdapat banyak sekali pemicu masalah perut kembung. Sebagai contoh, ada banyak orang yang cenderung mudah mengalami reflux asam lambung atau naiknya asam lambung hingga ke pangkal kerongkongan. Selain itu, kebiasaan menelan udara lewat mulut, penggunaan obat-obatan tertentu, hingga hobi merokok ternyata juga bisa menjadi pemicu perut kembung. Namun, sebagian besar penyebab perut kembung justru disebabkan oleh pola makan kita yang buruk. Beberapa komponen makanan ternyata tidak bisa benar-benar diserap oleh usus halus sehingga saat berpindah ke usus besar, yang terjadi justru produksi gas menjadi semakin meningkat dan pada akhirnya menyebabkan masalah perut kembung.

Beberapa bahan makanan yang ditengarai cukup sulit diserap dengan sempurna oleh usus halus adalah produk dari susu atau kacang-kacangan. Selain itu, beberapa jenis sayuran layaknya jamur juga ditengarai bisa memicu perut kembung dengan mudah. Jika kita tidak ingin mengalami perut kembung, kita bisa memperbaiki pola makan dengan lebih baik dan membatasi asupan beberapa jenis makanan tersebut atau setidaknya mengkonsumsinya dengan lebih pelan.

Hanya saja, ada beberapa masalah kesehatan yang memicu usus halus kurang sempurna dalam menyerap nutrisi makanan, yakni jika kita mengalami masalah intoleransi laktosa atau adanya jumlah berlebihan mikroorganisme usus yang justru akan mengganggu proses penyerapan nutrisi. Jika hal ini terjadi, maka kita tentu harus mendapatkan penanganan medis yang sesuai agar masalah perut kembung pun bisa diatasi.