informasi kesehatan


Pola Makan Sehat Ibu Hamil

Pola Makan Sehat Ibu Hamil

Doktersehat.com-  Kehamilan adalah suatu anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap perempuan di dunia. Menjaga pola hidup sehat dan makanan bergizi adalah salah satu cara untuk menjaga anugerah dari Tuhan. Pola makanan sehat dengan menu seimbang sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan. Tetapi kadang kala calon ibu kurang memperhatikan hal tersebut. Padahal dengan cara itulah janin dalam kandungan menjadi sehat sampai dengan bayi itu dilahirkan. Wanita sebagai calon ibu harus di dorong makan makanan yang banyak mengandung gizi. Karena pada saat masa kehamilan kebutuhan akan kalsium, zat besi, dan asam folat meningkat.

Berikut adalah tiga pola makan yang sehat dengan menu seimbang selama masa kehamilan seperti yang disampaikan oleh dr. Inge:

Jumlah

Untuk ibu hamil, jumlah makanan yang masuk haruslah seimbang dengan energy yang keluar. Untuk menyeimbangkan energy yang masuk dan keluar, ibu harus tetap beraktivitas. Guna menghindari kegemukan yang berlebihan yang terjadi pada ibu hamil atau obesitas. Kegemukan adalah penyakit. Dan ini sangat rentan mengalami masalah kondisi kesehatan. Oleh karena itu setelah dan selesai melahirkan ibu harus tetap menjaga pola makan sehat.

Jadwal

Berdasarkan jadwal, pola makan saat ibu hamil dan menyusui setidaknya harus mencukupi 3 kali makan besar dan 2 kali makan ringan. Inge menegaskan,selama masih menyusui tidak ada yang namanaya skip makan. “Yang harus dikurangi adalah jumlah kalori, tetapi harus tetap cukup memenuhi kebutuhan menyusui,” ucapnya.

Jenis

Makanlah dengan komposisi zat gizi seimbang yang bervariasi. Ketika anda makan nasi maka pasangannya harus protein (nabati dan hewani). Hindari makanan gorengan semasa kehamilan. Untuk  buah dan sayur harus mendapatkan porsi paling banyak sekitar 25-30 gram satu hari. Agar asupan buah dan sayur terpenuhi 30gram seharinya,  setiap makan pagi, siang, dan malam harus dilengkapi dengan buah dan sayur, begitu pula ketika makan ringan.

Inge menambahkan, tidak hanya asupan buah dan sayur saja. Pada masa kehamilan dibutuhkan juga asupan cairan yang cukup. Hal ini untuk mengatur konstipasi, suhu tubuh, membangun sel darah merh bayi, mengatu sistem sirkulasi dan cairan ketuban. “Kurang lebih 13 gelas air per hari.

Sumber:kompashealth.com&merahitam.com

pf button both Pola Makan Sehat Ibu Hamil
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Pola Makan Sehat Ibu Hamil”

  1. tips kesehatan says:

    ibu hamil membutuhkan makanan yang sehat ,,
    berkat info ini ,ibu hamil akan lebih tahu makanan mana yang harus dikonsumsi agar janin dan sang ibu tetap dalam keadaan sehat

    thanks infonya :)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0