Pola Makan Sehat di Hari Lebaran

DokterSehat.Com – Tak terasa kita telah melewati sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Selain mempersiapkan perayaan hari raya Idul Fitri dan berkumpul bersama dengan keluarga, kita juga harus mempersiapkan diri untuk menata pola makan yang sehat saat merayakan Hari Lebaran. Sebagaimana diketahui, Hari Lebaran adalah hari yang identik demngan makanan yang kaya akan lemak dan bersantan, makanan yang bisa memicu berbagai macam penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan. Lantas, adakah cara yang tepat agar kita tetap bisa menata pola makan yang sehat di Hari Lebaran?

doktersehat-sehat-nutrisi-sayur-buah-susu-daging

Pakar kesehatan dr. Saptawati Bardosono, MSc menyebutkan jika meskipun pada Hari Lebaran kita akan sering disuguhi makanan layaknya opor, rendang, sambal goreng hati, hingga gulai yang kaya akan lemak dan kolesterol, ada baiknya kita menata pola makan dengan gizi yang seimbang. Meskipun terlihat aneh, jangan lupakan adanya konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama menikmati makanan di Hari Lebaran.

Banyak orang yang berpikir jika makanan yang kaya akan lemak dan santan ini adalah perayaan setelah kita berpuasa sebulan penuh. Namun, jika kita tidak mengimbanginya dengan komposisi gizi yang seimbang, maka kita pun beresiko terkena masalah kesehatan. Ingatlah bahwa selain tetap mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, kita harus menjaga keseimbangan konsumsi karbohidrat baik itu dari nasi atau ketupat, dan membatasi konsumsi daging-dagingan dan kaya akan lemak dan protein layaknya dari makanan opor, sambel goreng ati, atau bahkan gulai layaknya di hari biasa.

Kita juga harus lebih baik dalam menjaga keteraturan waktu makan tiga kali sehari dan sebaiknya tidak mudah menambah porsi makanan seenaknya. Sebagaimana diketahui, Hari Lebaran juga identik dengan banyaknya kue lebaran yang manis dan enak untuk dikonsumsi setiap saat. Ada baiknya kita membatasi hal ini demi menjaga kesehatan tubuh kita.