Pola Makan Sehat Berdampak Positif Pada Pengendalian Stress

DokterSehat.Com – Gaya hidup modern kini lebih banyak memberikan efek negatif berupa stress dan depresi bagi banyak orang. Bagaimana tidak, kita kini lebih banyak bekerja dengan tekanan yang cukup kerja. Ditambah dengan berbagai tuntutan kehidupan harian lainnya dan stress yang melanda saat perjalanan dari dan tempat kerja akan membuat kesehatan mental kita semakin terganggu. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dikhawatirkan kesehatan fisik pun akan ikut terpengaruh. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk lebih baik dalam mengendalikan stress. Caranya adalah dengan menata pola makan kita agar bisa menjadi lebih baik.

doktersehat-sayuran-olahraga

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr Felice Jacka dari Deakin University yang melibatkan 3.000 parsitipan mencari fakta dan kaitan antara pola makan yang sehat dengan kesehatan mental. Dari penelitian ini, ditemukanlah fakta dimana orang dewasa yang mengganti pola makan menjadi sehat akan memiliki kesehatan mental lebih baik setelah dua tahun. Dari 1.000 partisipan wanita, ditemukan fakta menarik jika diet sehat akan sangat baik dalam melawan depresi.

Banyak orang yang berpikir jika mengubah pola makan menjadi lebih sehat adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika kita sebaiknya tidak harus melakukan diet sehat yang sempurna. Asalkan kita mengimbangi asupan harian dengan konsumsi buah dan sayur-sayuran setiap hari, maka kita pun sudah memenuhi syarat pola makan yang lebih sehat. Hanya saja, jangan lupakan konsumsi ikan atau daging tanpa lemak setidaknya dua kali seminggu saja. Sayuranlah yang ditengarai bisa mempengaruhi kesehatan mental dimana jika kita mengkonsumsinya dengan rutin, maka kesehatan mental pun akan menjadi lebih baik.

Dr. Felice Jacka memang tidak bisa menjamin jka konsumsi sayuran dan buah-buahan ini akan secara efektif mencegah stress atau depresi. Hanya saja, melihat adanya dampak positif dari para partisipan penelitian yang mendapatkan kondisi mentalnya menjadi lebih baik, maka tentu konsumsi makanan yang lebih sehat harus kita perhatikan. Selain itu, kita juga harus rajin melakukan olahraga, dan jika diperlukan kita bisa melakukan meditasi atau aroma terapi untuk membuat kesehatan mental menjadi jauh lebih baik.