Pola Makan (Diet) Tinggi Protein, Rendah Karbohidrat Untuk Remaja Obesitas

doktersehat-olahraga-apel-diet

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dipubikasikan dalam Journal of Pediatrics menunjukkan bahwa dalam pengawasan medis, diet tinggi protein rendah karbohidrat aman dan efektif untuk menenurunkan berat badan remaja obesitas parah.

Para dokter memberi perhatian yang besar terhadap keamanan diet tinggi protein dan rendah karbohidrat pada anak-anak. Untuk meneliti, peneliti memilih secara acak 24 remaja obesitas parah untuk mengkonsumsi diet tinggi protein dan rendah karbohidrat dan 22 remaja obesitas parah untuk mengkonsumsi diet rendah lemak selama 13 minggu. Subjek penelitian adalah remaja dengan rata-rata umur 14 tahun dan dengan berat badan paling tidak 175% dari berat badan ideal, dan juga bebas dari diabetes tipe 2 atau masalah kesehatan lainnya.

Rata-rata, subjek yang mengkonsumsi diet tinggi protein dan rendah karbohidrat dapat mengurangi berat badan 13.2 kg selama 13 minggu, sedangkan yang mengkonsumsi diet rendah lemak mengurangi berat badan 7.3 kg. Kedua kelompok tersebut dapat mempertahankan berat badannya 9 bulan setelah penelitian. Diet tinggi protein, rendah karbohidrat juga aman, tidak ada pengaruh negatif pada pertumbuhan, kepadatan minerat tulang, dan paramter metabolisme lainnya seperti tingkat kolesterol. Kedua kelompok menunjukkan penurunan kolesterol LDL yang berbahata dan meningkatkan kolesterol HDL yang sehat bagi jantung.