Pola Makan Bagi Penderita Asam Urat

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Penderita asam urat tinggi, memang harus hati-hati terhadap makanan. Diet yang dilakukan, harus memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Pembatasan purin

Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. Namun karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein maka hal ini hampir tidak mungkin dilakukan. Maka yang harus dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1.000 mg purin per hari).

2. Kalori sesuai kebutuhan

Jumlah asupan kalori harus benar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi dan berat badan. Penderita gangguan asam urat yang kelebihan berat badan, berat badannya harus diturunkannn dengan tetap memperhatikan jumlah konsumsi kalori. Asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan kadar asam urat karena adanya keton bodies yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin.

3. Tinggi karbohidrat

Karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari. Karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

4. Rendah protein

Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi, misalnya hati, ginjal, otak, paru dan limpa. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 50-70 gram/hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari. Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu, keju dan telur.

5. Rendah lemak

Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Makanan yang digoreng, bersantan, serta margarine dan mentega sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya sebanyak 15 persen dari total kalori.

6. Tinggi cairan

Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Karena itu, Anda disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari. Air minum ini bisa berupa air putih masak, teh, atau kopi. Selain dari minuman, cairan bisa diperoleh melalui buah-buahan segar yang mengandung banyak air. Buah-buahan yang disarankan adalah semangka, melon, blewah, nanas, belimbing manis, dan jambu air. Selain buah-buahan tersebut, buah-buahan yang lain juga boleh dikonsumsi karena buah-buahan sangat sedikit mengandung purin. Buah-buahan yang sebaiknya dihindari adalah alpukat dan durian, karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

7. Tanpa alkohol

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat mereka yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

sumber: dechacare

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Ilham S

    Disebutkan dalam atikel, “Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu, keju dan telur.”

    Hanya mahu konfimasi istilah saja..bukankah lemak/protein nabati itu artinya yg dari tumbuhan BUKAN hewan.. sedangkan susu, telur dan keju berasal dari hewan. Thanks…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. ucu

    slm…..hendaknya bagi penulis terlebih dahulu meneliti kebenaran isi dari tulisan, apapun jenis kutipan yang diambil adalah sepenuh_nya agar bermanfaat pada semua pihak
    …kepada penulis tolong cek kembali dan diperjelas lagi ayat cinta diatas “protein nabati yang berasal dari keju,telur dan susu” thnks

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. suri

    sy pernah baca buku info kesehatan, dikatakan kalo susu kedelai non sugar alias pure bisa menyembuhkan diabetes, malang bener ya kalo ada yang menderita diabetes juga kena penyakit asam urat

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Tutiyana

    Terimakasih atas Informasinya,ini sangat membantu saya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. sigit

    pusing jadinya, di sana bilang nanas dilarang di sini bilang nanas dianjurkan, yang betul yang mana sihhh….

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. antiq

    sayur, hijauan apa yang boleh bagi pebderita asam urat, supaya tubuh tetap kuat ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Avril

    Sumber protein nabati yg di sarankan kok susu, telur, dan keju..??? bukannya itu dr hewani jga????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Blog Oki Jo

    wah saya masih muda sudah kena asam urat nih…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. dona

    bukannya buah nanas tu pantangan bagi penyakit asam urat?????????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. lina

    apa betul yang buah yang asem2 itu tdk cocok untk penderita asam urat spt: jeruk, langsat, dll

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Pingback: pola makan bagi penderita asam urat

  12. Pingback: Cedera Pergelangan Kaki & Mengatasinya | AkuMuda.com Article

Leave a Comment