Pola Hidup Yang Sehat Bisa Mencegah Kanker

DokterSehat.Com – Kanker termasuk salah satu penyebab kematian utama di dunia, termasuk Indonesia. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan bisa disembuhkan, terutama bila pencegahan dan perawatan dimulai sejak dini.



Sepertiga dari kanker dapat dicegah dengan tidak mengonsumsi alkohol, mengonsumsi makanan sehat dan berolaharaga secara teratur. Ditambahkan dengan menghindari merokok, akan mencegah kanker hingga 50 persen.

Begitu disampaikan Kepala Departemen Radiologi RSCM sekaligus Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPK), Prof. DR. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, Sp.Rad (K) Onk.Rad saat berbincang dengan para wartawan di acara peringatan Hari Kanker Sedunia di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, ditulis Rabu (4/2/2015).

Bencana kanker di depan mata. Kalau kita tidak mencegahnya dan tidak berbuat sesuatu dari sekarang, dampaknya bisa berakibat kanker. Maka itu, penting untuk melakukakan pola hidup sehat, menghilangkan alkohol dan tembakau, hindari makanan mengandung pengawet, penyedap rasa dan pewarna. Lakukan aktivitas seimbang dengan cegah obesitas dan mengatur pola makan, katanya.

Pengaturan pola makan ini, lanjut dia, bisa dilakukan dengan menambahkan porsi sayur dan buah dan mengurangi protein yang dibudidaya. Pilihlah protein yang aman seperti ikan laut dan perbanyak protein nabati seperti kacang-kacangan.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui komponen makanan yang bersifat melindungi tubuh seperti :

  • Buah-buahan dan sayuran karena mengandung vitamin, serat, dan fitokimia.
  • Vitamin C, melindungi dari kanker lambung, esofagus, dan rongga mulut.
  • Vitamin E dan selenium, keduanya merupakan antioksidan yang menjaga sel dari kerusakan, Antioksidan ditemukan pada beberapa buah dan sayuran.
  • Kalsium, mengurangi kecepatan cell turnover.
  • Air, minum lebih dari 5 gelas sehari dihubungkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.