Pola Hidup Sehat Dengan Lupus

DokterSehat.Com – Penyakit lupus merupakan penyakit yang membahayakan. Penyakit lupus akan mengacaukan sistem kekebalan tubuh pada manusia sehingga akan menyerang tubuh sendiri. Selain itu penyakit lupus merupakan penyakit yang sulit dikenali gejalanya bahkan baru diketahui menderita lupus ketika penyakit sudah parah.

2264352319_be3beb393a_b

Banyak yang tidak menyangka orang dengan Lupus (Odapus) bisa beraktivitas layaknya masyarakat pada umumnya. Namun Ketua Yayasan Lupus Indonesia, Tiara Savitri membuktikannya.

Sebagai Odapus, Tiara kini begitu mencintai gunung. Tak tanggung-tanggung, sebelas gunung di dalam negeri hingga Everest telah didakinya. Dia bahkan sempat mengajak Odapus lainnya untuk menaklukkan gunung-gunung di Indonesia.

Lupus bukan akhir segalanya. Dengan Lupus, kita bisa melakukan apapun sebagai orangtua, ibu, istri, kakak adik, wanita karir dan sebagainya. Jadi jangan takut, ketika lupus menghampiri, marilah menjadi Odapus yang produktif, katanya saat ditemui Liputan6.com di di lantai dua, RS Kramat 128, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Berikut tips hidup sehat dengan Lupus :

• Kelola stress

• Kooperatif dengan terapi yang diberikan dokter

• Tidak merokok dan minum alcohol

• Olahraga minimal 30 menit (jalan cepat)

• Wajib konsumsi sayur dan buah tiga kali sehari

BACA JUGA : Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Indah