Pola Hidup Sehat Bisa Mencegah Kita Terkena Penyakit Wasir

DokterSehat.Com – Dalam dunia medis, wasir kerap kali disebut sebagai penyakit hemorrhoid. Penyakit ini sendiri bisa dijabarkan sebagai sebuah kondisi dimana pembuluh darah yang terdapat pada sekitar anus bagian bawah mengalami pembengkakan atau pendarahan. Wasir ternyata memiliki banyak penderita di Indonesia dan bisa membuat tubuh menjadi tidak nyaman, khususnya saat buang air besar ataupun saat duduk. Lantas, adakan cara yang paling sehat untuk mengatasi masalah wasir ini?

doktersehat-ambeien-wasir-hemoroid-hematuria

Pakar kesehatan yang berasal dari Rumah Sakit Evasari yang bernama dr. Dumaria Ketty Siagian, SpB, M.Kes menyebutkan jika normalnya wasit tidak berbahaya dan untuk mengatasinya, ada baiknya penderita wasir untuk mulai tenang karena penyakit ini tidak berbahaya. Lantas apakaah ada cara agar kita bisa terbebas dari masalah wasir yang sangat menyiksa ini?

Pakar kesehatan mengingatkan kita untuk mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup banyak, yakni dua liter setiap harinya demi kesehatan tubuh. Salah satu faedah dari mengkonsumsi banyak air putih setiap hari ternyata adalah agar mencegah wasir. Ingatlah bahwa, asupan cairan lain layaknya minuman beralkohol atau kafein ternyata akan kurang baik untuk dilakukan.

Banyak penderita wasir yang disebabkan oleh pola makan yang sangat tidak sehat. Kini semakin banyak orang yang malas mengkonsumsi serat sehingga beresiko terkena wasir. Bagaimana tidak, dengan jarang mengkonsumsi makanan berserat, Ia pun akan menjadi lebih susah untuk buang air besar. Jika kita tidak segera membuang kotoran ini, dikhawatirkan kotoran akan semakin mengeras dan membuat kita lebih mengejan saat buang air besar dan pada akhirnya menyebabkan diare.

Mereka yang jarang berolahraga dengan rutin ternyata juga memiliki resiko tinggi untuk mendapatkan wasir. Selain itu, beberapa orang yang bergantung pada obat-obatan untuk menjaga kesehatannya ternyata juga yang memiliki resiko terkena masalah wasir. Karena alasan ini, ada baiknya kini kita semakin rutin berolahraga agar tetap sehat dan bebas dari penyakit layaknya wasir.