Pola Asuh Memanjakan Berisiko Membuat Anak Mengalami Skizofrenia

DokterSehat.com – Mulai sekarang perhatikan pola asuh Anda karena hal ini sangat mempengaruhi perkembangan psikologisnya saat dewasa. Pola asuh yang buruk bisa menyebabkan anak stres saat dewasa. Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan terjadinya gangguan jiwa seperti skizofrenia.



Kondisi ini dapat terjadi pada anak yang terbiasa dimanja dan akan terus bergantung pada kedua orangtuanya sampai dewasa. Anak yang terbiasa dengan pola asuh dimanja akan kesulitan hidup mandiri ketika sudah beranjak dewasa.

Pola asuh memanjakan anak sama saja dengan tidak memberikan kesempatan anak untuk belajar tanggung jawab. Padahal, tanggung jawab seseorang akan meningkat seiring bertambahnya usia. Jika tidak terbiasa bertanggung jawab sejak dini maka hal tersebut bisa membuat anak tertekan.

Menurut psikiater dari UGM dr. Mahar Agusno Sp.KJ (K), stres yang terus menerus terjadi akan menimbulkan berbagai halusinasi dan menyebabkan skizofrenia. Karena itu akan jauh lebih baik jika mengajarkan anak tanggung jawab sejak dini, minimal belajar bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya sendiri.

Pola asuh juga mengajarkan anak berkomuniksai dengan orangtuanya. Anak akan lebih mudah mengkomunikasikan apa yang ada di hati dan pikirannya begitu pula sebaliknya. Jika pola asuh yang diterapkan di keluarga baik anak merasa didengar dan mendapat feed back dari keluarganya, sehingga anak tidak merasa tertekan.

Selain itu, pola asuh yang tidak seimbang antara ayah dan ibu juga berisiko menyebabkan anak menderita skizofrenia. Terlalu dekat atau terlalu jauh dengan salah satu orangtua dapat memperburuk kapasitas adaptasi anak. Akibatnya, anak menjadi mudah tertekan dan memicu ketidakseimbangan dopamin yang dapt memicu terjadinya skizofrenia.

Pola asuh yang buruk juga akan membuat anak menjadi kurang percaya diri. Alhasil saat anak mulai dewasa maka akan lebih suka dengan dunia khayalan ketimbang menghadapi masalah yang membebaninya.

Baca Juga:  Apa itu Deja Vu

Mulailah menjadi orangtua yang baik dengan mengajak anak berkomunikasi, mendengar pendapatnya, dan menjelaskan dengan baik alasan kenapa ia boleh atau tidak melakukan sesuatu. Pola asuh yang baik akan membantu anak beradaptasi saat dewasa dan terhindar dari skizofrenia.