Point Penting tentang Diet Dash untuk Menjaga Tekanan Darah

DokterSehat.Com – Dash adalah kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet dash merupakan cara diet sehat yang ditujukan untuk membantu terapi atau mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan DASH diet, maka Anda akan mengurangi asupan sodium (garam) dalam makanan serta memperbanyak variasi makanan yang mengandung zat-zat gizi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti potassium, kalsium dan magnesium.

8

Sebelum membahas lebih lanjut tentang diet dash, penting bagi Anda untuk mengetahui tentang alasan yang mengharuskan kita untuk mengendalikan tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah sumber masalah dari berbagai penyakit kronis yang telah memakan banyak nyawa akhir akhir ini. Dari tekanan darah tinggi, manusia berpotensi mengalami stroke dan serangan jantung. Jadi, sebelum Anda berpotensi terserang penyakit tersebut, yuk sama sama kita jalankan diet dash untuk tekanan darah bersama sama.

Berikut adalah beberapa point penting yang tercakup di dalam program diet ini :

  • Mencakup segala elemen
    Walaupun tujuannya lebih dominan untuk menurunkan dan mengendalikan tekanan darah tinggi, akan tetapi semua prosesnya mencakup segala elemen. Demikian juga pada pemenuhan nutrisi dan gizi dari makanan, mulai dari mineral, vitamin, dan karbohidrat tetap harus dipenuhi karena itu menjadi kebutuhan tubuh yang tidak bisa dikesampingkan.
  • Jenis makanan yang disarankan
    Dalam upaya menjalankan program diet dash untuk tekanan darah, pelakunya akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan makanan seperti biji bijian, sayuran, daging rendah lemak, dan aneka buah buahan.
  • Memberikan asupan serat lebih banyak dan mengurangi asupan lemak
    Dari jenis makanan yang disarankan pada point no. 2 diatas, Anda sudah diarahkan untuk memenuhi asupan serat yang dibutuhkan serta mengurangi asupan lemak. Dengan upaya ini, maka sistem pencernaan, jaringan darah, dan metabolism tubuh secara keseluruhan bisa terkendali.
Baca Juga:  Normalkah Anak Berjalan Jinjit?

Tiga point penting itulah yang harus kita ketahui seputar diet dash untuk tekanan darah. Jika Anda bisa menjalankan program diet ini dengan baik, benar, dan rutin, maka cukup dalam waktu 14 hari tekanan darah Anda bisa dikurangi. Tetapi pada kasus yang terjadi, perhitungan tersebut tidaklah pasti, bergantung kepada tingkat darah yang dimiliki.