Pohon Kotor Picu ISPA dan Penyakit Jantung

Doktersehat.com – Pohon merupakan paru-paru dunia. Sebaris kalimat itu tentu saja sudah sering Anda dengar. Namun, apa jadinya bila pohon yang ditanam justru dapat menimbulkan penyakit.



Penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa kondisi pohon yang tidak terjaga kebersihannya alias kotor dapat mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan Departemen Pertanian Amerika Serikat, Institut Nasional Standar dan Teknologi di Maryland dan Drexel University di Pennsylvania terkait tujuan beberapa rumah sakit yang ingin menanam pohon rindang dan besar di lingkungan rumah sakit demi kesehatan pasien.

Pohon kotor yang berada di lingkungan sekitar diduga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan ISPA. Oleh karena itu, para peneliti melakukan uji coba dengan menebang semua pohon yang terdapat kutu pohon dan spesies kumbang bernama abu zambrut.

Alhasil, setelah melakukan penebangan 100 juta lebih pohon, penyakit jantung dan ISPA pun mengalami penurunan yang signifikan. Bagi para peneliti, hasil ini merupakan bukti yang mengaitkan kebersihan pohon dengan kesehatan manusia.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa makin banyaknya jumlah pohon kotor di lingkungan maka makin tinggi pula risiko terjangkit penyakit. Maka dari itu, diharapkan masyarakat lebih memperhatikan kebersihan pohon dan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama ISPA dan penyakit jantung.

Sumber: okezone.com