POGI Ternyata Masih Belum Merekomendasikan Metode Water Birth

DokterSehat.Com – Proses persalinan normal memang cenderung bisa menimbulkan rasa nyeri luar biasa bagi ibu hamil. Karena alasan inilah banyak orang yang mencoba untuk menggunakan metode persalinan lainnya untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Salah satu metode persalinan yang cukup banyak dipilih adalah water birth, proses persalinan yang dilakukan di dalam air. Di luar negeri, proses persalinan ini sangatlah populer. Selain itu, beberapa pesohor tanah air layaknya penyanyi Andien juga sudah banyak yang mencoba metode kelahiran ini dan mengungkapkan banyak sekali sisi positifnya.

doktersehat-renang-kehamilan

Meskipun cukup populer dan banyak disukai oleh banyak orang karena bisa mengurangi rasa nyeri saat melahirkan, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia atau POGI ternyata masih belum merekomendasikan metode water birth ini. Menurut ketua POGI, dr. Nurhadi Saleh, SpOG, masih belum ada bukti yang kuat yang menyebutkan jika metode persalinan water birth ini cukup aman untuk dilakukan. Selain itu, masih belum ada penelitian medis yang memang menunjukkan manfaat dari metode persalinan ini.

Karena masih belum memberikan rekomendasi untuk melakukan metode persalinan water birth, andai ada dokter kandungan yang melakukan metode tersebut namun mengalami kecelakaan, maka pihak POGI pun tidak akan ikut bertanggung jawab dan hal ini menjadi tanggung jawab pribadi.

Sebenarnya, sudah pernah ada hasil penelitian yang dilakukan di Oregon State University, Amerika Serikat, yang menyebutkan jika metode water birth ini cukup aman untuk dilakukan, khususnya bagi ibu yang mengalami kehamilan dengan resiko rendah. Hanya saja, pakar kesehatan tetap saja meminta ibu hamil meminta saran tentang proses persalinan yang paling aman dan sesuai dengan kondisi kehamilannya pada dokter ahli dan jangan asal-asalan memilih metode persalinan yang dinginkan karena bisa berpengaruh besar bagi keselamatan dan kesehatan ibu maupun buah hatinya.