Pneumonia Atipikal – Pengertian dan Penyebab

pneumonia atipikal-doktersehat

DokterSehat.Com– Pneumonia atipikal merupakan istilah non-medis untuk menggambarkan kasus pneumonia ringan. Pneumonia atipikal adalah infeksi paru oleh organisme selain bakteri, virus, atau jamur. Pneumonia Atipikal dalam bahasa inggrisnya disebut walking pneumonia kebanyakan disebabkan oleh organisme Legionnale pneumophila, Mycoplasma pneumonia, dan Chlamydia pneumonia. Meskipun bentuk pneumonia menular ini hanya sedikit, namun jenis pneumonia ini sebenarnya jenis yang paling menakutkan dari pneumonia. Itu karena radang paru-paru ringan dan umumnya tidak memerlukan rawat inap. Anda bisa memiliki Pneumonia atipikal dan bahkan tidak tahu bahwa sedang mengalaminya.

Penyebab Pneumonia Atipikal

Pneumonia atipikal adalah istilah non-medis untuk menggambarkan kasus ringan pneumonia. Penyakit ini berbeda dari kasus pneumonia yang lebih serius yang disebabkan oleh bakteri yang khas.

Pneumonia adalah penyakit paru-paru yang biasanya hasil dari infeksi paru. Banyak hal yang dapat menyebabkan pneumonia, termasuk:

  • Bakteri, termasuk mycoplasma
  • Virus
  • Jamur
  • Agen infeksi lain
  • Kimia
  • Makanan yang dihirup

Pneumonia atipikal sering terjadi dari hasil dari infeksi paru-paru dari mikroorganisme bakteri yang disebut Mycoplasma pneumoniae.

Orang-orang yang terkena pneumonia atipikal jarang merasa lemah atau jarang merasa perlu dirawat di rumah sakit. Beberapa bahkan mungkin merasa cukup baik pergi bekerja dan melanjutkan dengan rutinitas biasa lainnya, seperti orang yang hanya terkena flu saja, maka dari itu disebut dengan walking pneumonia (pneumonia berjalan).

Risiko dan Cara Penularannya Pneumonia Atipikal

Siapa saja di usia berapa pun bisa mendapatkan pneumonia atipikal. Pneumonia atipikal dari mycoplasma adalah penyebab yang paling umum pada anak-anak usia sekolah, para taruna yang berada di barak militer, dan orang dewasa yang berusia kurang dari 40 tahun.

Orang yang tinggal dan bekerja di tempat-tempat ramai, seperti sekolah, tempat penampungan tunawisma, dan penjara memiliki risiko lebih tinggi tertular penyakit. Itu karena Pneumonia Atipikal menular. Pneumonia ini menyebar ketika seseorang mengalami kontak ingus atau serpihan bersin dari seseorang yang sudah memiliki itu, biasanya terjadi ketika orang dengan pneumonia atipikal bersin atau batuk.

Pneumonia Atipikal – Halaman Selanjutnya : 1 2 3