Pneumonia Atipik – Pengobatan, Pencegahan, dan Kekambuhan

Pneumonia atipik umumnya diobati dengan antibiotik. Infeksi ringan sering tidak diobati karena mereka cenderung untuk sembuh sendiri. Dengan pengobatan, kebanyakan orang mulai merasa lebih baik dalam beberapa hari.

doktersehat-drugs-obat-kotrasepsi-arginine-obat-palsu

Banyak obat-obatan yang dapat dibeli di apotek secara bebas yang dapat digunakan untuk pilek dan flu namun tidak dapat membantu meredakan gejala pneumonia atipik secara komplit. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda minum atau berencana untuk minum. Penting untuk minum banyak cairan dan beristirahat dengan cukup.

Jika sudah terkena Pneumonia Atipik, apakah bisa terkena lagi?
Ada kekebalan tubuh tertentu yang terbentuk setelah seseorang terkena pneumonia atipik. Kekebalan ini tidak permanen dan tidak jelas akan bertahan berapa lama di tubuh. Jadi di kemudian hari, seseorang dengan pneumonia atipik mampu terkena pneumonia atipik lagi. Ketika kambuh, mungkin gejala akan lebih ringan.

Dapatka pneumonia atipik dicegah?
Tidak ada vaksin untuk infeksi Mycoplasma, sehingga tidak ada cara untuk mencegahnya. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kesempatan Anda untuk mengalami hal tersebut:

  • Olahraga, makan menu seimbang, dan tidur yang cukup. Olahraga yang memadai, istirahat, dan nutrisi yang layak membantu menjaga tubuh Anda sehat. Tubuh yang sehat adalah lebih mampu melawan infeksi.
  • Cuci tangan Anda lebih sering. Mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kuman menyebar.
  • Jangan merokok. Merokok merusak paru-paru, dan paru-paru yang rusak lebih rentan terhadap infeksi.
  • Tutup mulut Anda dengan lengan Anda ketika Anda batuk atau bersin. Dan, ajak orang lain untuk melakukan hal yang sama. Batuk dan bersin adalah cara utama agen infeksi menyebar.