PMS Tidak Lagi Menyiksa Berkat Makanan Ini

DokterSehat.Com – PMS (Premenstrual Syndrome) adalah sebuah sindrom perubahan fisik dan emosional pada seorang wanita yang masih dan tengah menjalani siklus menstruasi. PMS ditandai dengan rasa sedih dan gelisah yang tidak beralasan, mudah depresi, mudah marah, insomnia, meningkatnya nafsu makan, pusing, menurunnya daya konsentrasi, nyeri pada payudara, dan mual.



Tidak ingin merasa tersiksa saat si tamu bulanan datang? Berikut ini adalan beberapa pola makanan yang dapat Anda coba untuk mencegah PMS :

  • Ikan
    Ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden bisa dijadikan pilihan lauk yang oke buat Toppers ketika PMS. Omega 3 ini berfungsi untuk menajamkan pikiran dan merangsang produksi serotonin, yakni zat yang dapat meningkatkan mood. Pada ikan sarden, terdapat kalsium yang bekerja untuk meringankan kram perut dan gejala menstruasi lainnya. Jadi, kalau PMS sudah mulai menyiksa, perbanyaklah makan ikan ya.
  • Karbohidrat kompleks
    Roti, sereal, pasta, dan kacang-kacangan seperti buncis mengandung karbohidrat kompleks yang berbeda dari makanan berkarbohidrat lainnya. Karbohidrat dibutuhkan untuk membantu produksi serotonin sehingga mood jadi lebih mudah dikontrol. Selain itu, vitamin B pada makanan-makanan tersebut juga berfungsi mengurangi perasaan depresi dan sensitif. Jadi, pas banget nih Toppers untuk perbanyak makanan kaya karbohidrat kompleks supaya kamu tidak mendadak ngambek atau sedih yang membuat teman atau pacar kamu bingung menghadapinya.
  • Kacang almond
    Magnesium dapat ditemukan pada kacang almond, kacang tanah, bayam, pisang, jambu monyet, dan beras merah. Magnesium bermanfaat untuk menyeimbangkan hormone pada tubuh sehingga dapat meredakan rasa kesal, tegang, dan kram perut. Cemilan kacang almond, selain menyehatkan bagi tubuh dan kulit, ternyata baik untuk meredakan gejala PMS. Tunggu apa lagi Toppers? Yuk makan makanan kaya magnesium yang Toped sebut tadi.
  • Coklat
    Yang takut badannya jadi gendut gara-gara makan coklat sebaiknya buang jauh-jauh pikiran itu deh. Coklat tidak selamanya membuatmu gemuk. Justru coklat punya segudang manfaat baik untuk tubuhmu. Maka dari itu, bergembiralah para penggila coklat. Kita semua tahu bahwa coklat mengandung zat endorphin yang bisa membuat kita merasa bahagia dan mengurangi kecemasan. Itulah sebabnya, coklat bisa mengembalikan mood kamu yang jelek karena PMS. Agar mendapatkan kandungan gizi yang sempurna dari coklat, sebaiknya kamu pilih coklat hitam tanpa pemanis. Bisa kamu jadikan saus pada buah-buahan seperti pisang, apel, atau strawberry.
  • Tanpa kafein
    Kafein tidak baik dikonsumsi ketika PMS karena kafein dalam bentuk minuman apapun dapat mengubah mood. Apalagi perubahan mood sangat tidak menentu ketika siklus menstruasi datang. Konsumsi kopi, teh, dan minuman bersoda sebaiknya dikurangi ya Toppers… Kalau ingin minum teh, pilihlah teh tanpa kafein seperti teh herbal. Cobalah teh kamomil untuk merelaksasi ketegangan otot dan mengurangi kecemasan.