Plester Ini Bisa Menjadi Solusi Bagi Mereka yang Takut Disuntik

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika ada sebagian orang yang benar-benar takut untuk disuntik saat sakit? Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun terlihat sepele, dalam realitanya ada cukup banyak orang yang fobia dengan jarum suntik dan hal ini sangat sulit untuk diatasi. Padahal, jika mereka mengalami masalah kesehatan yang serius, terkadang salah satu cara pengobatan yang harus dilakukan adalah dengan suntikan. Beruntung, sebuah penelitian terbaru bisa membuat mereka yang takut untuk disuntik bisa tetap mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan. Penelitian ini berhasil mengembangkan semacam plester khusus yang bisa menggantikan peran dari jarum suntik.



Adalah para peneliti yang berasal dari Emory University di Inggris dan Georgia Institute of Technology di Amerika Serikat yang berhasil mengembangkan plester ini. Plester ini memiliki satu sisi yang dilengkapi oleh jarum suntik berukuran mikro dengan jumlah ratusan. Karena ukurannya mikro, maka jarum suntik ini sangat lembut layaknya rambut dan jika ditempelkan pada kulit, maka kita tidak akan merasakan sakit. Jarum suntik berukuran mikro inilah yang bisa memasukkan obat atau vaksin pada tubuh kita.

Tak hanya bisa membantu mereka yang takut disuntik bisa mendapatkan obat yang dibutuhkan, keberadaan plester khusus ini juga membantu tenaga medis mengingat plester ini bisa disimpan di berbagai tempat hingga satu tahun lamanya. Hal ini tentu sangat berbeda dengan penyimpanan vaksin atau obat tertentu yang cukup merepotkan karana membutuhkan lemari es khusus yang tentu sulit untuk dipindah-pindah.

Setelah diuji-coba dengan 100 partisipan yang terkena flu, diketahui bahwa penggunaan plester cukup efektif dalam mengatasi masalah kesehatan tersebut sekaligus tidak menimbulkan efek samping meskipun sebagian kecil dari partisipan mengaku merasa gatal-gatal atau mengalami kulit kemerahan pada kulit yang dipasangi plester. Satu hal yang pasti, plester ini juga cukup aman untuk dibuang di tempat umum biasa, berbeda dengan jarum suntik bekas yang harus dibuang dengan sangat hati-hati karena bisa membahayakan kesehatan banyak orang.