Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Sebagai masyarakat yang tinggal di negara tropis, kita tentu akan terbiasa melihat berbagai macam buah-buahan yang bisa dengan mudah kita temui dimana saja, khususnya di pasar-pasar. Salah satu buah yang mudah didapatkan dengan harga yang murah adalah pisang. Buah yang cenderung manis dan sering dianggap sebagai pengganti makanan berat ini ternyata memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Memang, banyak masyarakat yang mengkaitkan pisang sebagai makanan yang bisa memperlancar saluran pencernaan. Tapi, kandungan dan nutrisi pisang ternyata bisa membuat tubuh menjadi semakin sehat.

doktersehatpisang-buah

Banyak negara maju yang merekomendasikan masyarakatnya untuk mengkonsumsi pisang sebagai hidangan sarapan, khususnya untuk dicampur sereal. Sereal dan pisang menyediakan kadar kalori yang cukup untuk energi beraktivitas seharian penuh. Pisang sendiri diyakini mampu membuat otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi. Kebaikan pisang bagi otak bahkan bisa ditemui semenjak bayi masih dalam kandungan dimana kandungan asam folat dari pisang ternyata membuat bayi dalam rahim memiliki resiko cacat yang semakin mengecil. Gula darah ibu hamil pun cenderung stabil jika memakan pisang secara teratur. Bahkan, pisang pun bisa menjadi konsumsi awal bayi setelah mulai diperkenalkan dengan makanan selain ASI yang bisa membantu perkembangan otak dengan baik.

Pisang sendiri banyak dikenal masyarakat sebagai obat ampuh mengatasi sembelit. Manisnya pisang ternyata membuat buang air besar menjadi lancar sehingga penyakit usus pun tidak mudah hinggap ke badan. Beberapa orang bahkan mencampur pisang dengan susu agar resiko mendapatkan gejala kanker usus besar semakin menurun. Selain organ pencernaan, pisang juga sangat baik untuk membuat peredaran darah lancar dengan kandungan potasiumnya. Dengan peredaran darah lancar, resiko stroke dan penyakit jantung pun bisa ditekan sebaik mungkin dengan konsumsi harian pisang.

Baca Juga:  Kesehatan Sperma Yang Buruk Bisa Membuat Kehamilan Tak Kunjung Tiba

Pisang juga bisa membantu kita menjaga mata dalam kondisi terbaik karena kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi. Disamping itu, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi mereka yang menderita diabetes tipe 1 sehingga bisa melakukan diet tinggi serat untuk membuat kadar insulin dan lipid dalam tubuh. Dengan berbagai kebaikan pisang yang mudah kita konsumsi, apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi buah yang manis dan lezat ini?