Pisang Sangat Efektif Menurunkan Stress

DokterSehat.Com – Stress telah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan masyarakat urban modern. Tak percaya, cobalah anda melihat banyaknya orang yang mudah sekali marah hanya karena kemacetan di jalan raya. Stress bisa terjadi karena kesibukan harian yang sangat menyita waktu dan kurangnya kita membuat pikiran menjadi rileks. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk refreshing atau menyegarkan pikiran di akhir pekan. Tak perlu khawatir, kita ternyata bisa menurunkan level stress dengan cara yang mudah dan nikmat, yakni dengan mengkonsumsi pisang.

doktersehatpisang-buah

Buah-buahan memang memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral buah-buahan yang sangat kaya akan membuat tubuh kita menjadi jauh lebih sehat. Khusus untuk pisang, buah ini kaya dengan kandungan layaknya mineral, protein, vitamin, lemak, kalsium, hingga zat besi. Kandungan pisang yang kaya zat besi membuat buah yang manis ini sangat disarankan bagi mereka yang menderita anemia. Selain kandungan-kandungan tersebut, pisang ternyata memiliki sebuah kandungan asam triptophan yang sangat efektif meredakan stress.

Asam triptophan yang dimiliki oleh pisang ternyata bisa berubah menjadi seretonin, sebuah hormon yang bisa mempengaruhi suasana hati dalam tubuh. Saat kita stress, tubuh cenderung akan membuang banyak kadar kalium pada tubuh dan membuat detak jantung menjadi lebih tinggi. Komsumsi pisang yang kaya kalium akan kembali menyeimbangkan kadar kalium dalam tubuh sekaligus membuat pengiriman oksigen ke otak menjadi semakin lancar. Adanya kandungan vitamin B6 pada pisang juga akan membuat glukosa darah semakin terkendali dan membuat suasana hati kita membaik.

Selain memperbaiki suasana hati, kandungan asam folat pada pisang akan membuat perkembangan saraf pada janin akan sangat baik sehingga pisang pun sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Pisang yang kaya dengan kandungan vitamin B6 dan B12 juga akan mampu menetralisir banyak zat berbahaya layaknya nikotin sehingga akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membuat tampilan tubuh menjadi lebih baik.