Pisang Kaya Kalori, Haruskah Pelaku Diet Menghindarinya?

doktersehat-pisang-buah

DokterSehat.Com– Semua orang pasti tahu buah itu baik untuk Anda. Namun agaknya aneh bahwa untuk diet rendah karbohidrat, Anda harus menghindari makan pisang. Bagaimanapun pisang adalah buah, tapi mereka mulai mendengar reputasi pisang sebagai buah sarat gula dan kaya kalori. Bahkan pelatih kebugaran menganjurkan agar pelaku diet menghindari pisang untuk menurunkan berat badan.

Pisang medium sendiri mengandung 27 gram karbohidrat, setara lebih dari dua potong roti putih dan juga sekitar 14 gram gula pasir. Gula itu terjadi di fruktosa. Gula sederhana yang dicerna tubuh dengan cepat, bisa menyebabkan gula darah dan lonjakan insulin. Dalam satu buah pisang mengandung 105 kalori.

“Tapi jika Anda adalah penggemar pisang, Anda tidak perlu menghindari buah berwarna kuning ini hanya untuk menghilangkan beberapa kilogram bobot badan. Pisang tidak akan membuat atau menghancurkan usaha penurunan berat badan Anda,” kata Alissa Rumsey, RD, pendiri Alissa Rumsey Nutrition and Wellness dan pencipta free e-guide 5 Minute Mindful Eating Exercise, mengutip Prevention, Jumat, 15 Desember 2017.

Makan satu pisang, kata Alissa Rumsey, tidak menyebabkan kenaikan berat badan, sama seperti satu makanan lainnya tidak menyebabkan penurunan berat badan.

Menurut Alissa Rumse, pisang memang mengandung gula, namun itu adalah gula alami yang tidak sama dengan gula yang Anda tambahkan ke kopi Anda. Gula yang ada dalam pisang juga sumber potassium yang mengandung serat, vitamin C, B6, dan antioksidan anti-peradangan.  Serat itu benar-benar bisa membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian dari University of Massachusetts Medical School.

Cukup meningkatkan asupan serat Anda hingga 30 gram per hari menyebabkan penurunan berat badan. Satu medium pisang mengandung 3,1 gram serat, dapat menumpulkan lonjakan gula darah dengan cepat. Dengan begitu, Anda tidak merasa berlebihan setelah makan satu buah pisang.

Makan pisang dengan sedikit protein dan lemak, seperti almond atau selai kacang, menjadikan camilan Anda manis bahkan lebih banyak untuk daya tahan. Cobalah makan ini sebelum atau sesudah berolahraga untuk membantu memicu latihan dan pemulihan Anda.

Intinya, pisang bukanlah musuh. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, fokuskan pada keseluruhan diet dan olahraga Anda, bukan satu buah seperti pisang.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik