Pisang, Buah yang Bisa Mengatasi Konstipasi Pada Bayi

DokterSehat.Com – Merawat seorang bayi biasanya akan menimbulkan rasa suka dan duka yang mendalam bagi orang tua. Rasa suka biasanya akan muncul ketika bayi mengeluarkan ekspresi atau gerakan yang menggemaskan. Namun, jika bayi jatuh sakit, maka tentu hal ini akan membuat orangtuanya merasa sedih dan khawatir berlebihan. Salah satu masalah kesehatan yang bisa jadi dialami oleh bayi adalah masalah konstipasi atau susah buang air besar. Sebenarnya apa sajakah penyebab dari masalah konstipasi pada bayi seperti sebagai berikut.

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obat

Pakar kesehatan menyebutkan jika alasan utama mengapa bayi bisa terkena konstipasi adalah karena bayi mengkonsumsi makanan layaknya susu yang terlalu kental. Beruntung, kini ada cara yang mudah untuk dilakukan bagi ibu untuk mengatasi konstipasi oelh anak, yakni dengan menggunakan buah pisang.

Dibalik mudahnya buah pisang ini didapatkan dan harganya yang sangat terjangkau, pisang adalah buah yang dikenal sangat sehat bagi tubuh dan memang baik untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan layaknya konstipasi hingga diare. Bayi kesehatan bayi, maka pisang bisa dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan. Meskipun buah ini sudah lembut, ada baiknya kita memberikan asupan bayi dengan cara melembutkan buah pisang agar lebih mudah dikunyah. Ingatlah bahwa bayi memang belum memiliki tekstur gigi yang tepat dan cocok untuk semua.

Dengan mengkonsumsi buah pisang yang telah dilembutkan, bayi akan lebih mudah mencerna makanan dan karena pisang memiliki tekstur lembut dan berair. Banyaknya kandungan serat pada buah ini diyakini akan membuat masalah kesehatan pencernaan pada bayi akan menjadi lebih reda. Selain itu, buah yang kaya akan kandungan magnesium, kalsium, dan potassium ternyata sangat baik bagi perkembangan sang buah hati.