Pisang Buah yang Baik Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Pisang ditanam dan berbuah di area tropis dan subtropis, Indonesia termasuk di dalam wilayah tropis sehingga tidaklah susah untuk mendapatkan buah pisang. Pisang memiliki kadar natrium dan pectin yang tinggi. Pisang juga merupakan salah satu sumber nutrisi dan mineral yaitu Vitamin C, vitmain B6, dan magnesium. Pisang memiliki kandungan antioksidan yang banyak, dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang kita jumpai sehari-hari, salah satu contohnya yaitu sinar matahari.

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obat

Pisang memiliki berbagai kegunaan yang baik bagi tubuh kita, antara lain:

  1. Kesehatan jantung dan pembuluh darah

Pisang baik bagi kesehatan jantung, kandungan kalium dalam pisang bisa menjaga aliran listrik jantung dengan baik. Tingginya kalium serta rendahnya natrium juga berfungsi untuk menjaga sistem kardiovaskular dari tekanan darah yang tinggi

  1. Depresi dan mood

Tryptophan dalam pisang berguna bagi pasien pasien depresi karena di dalam tubuh kita trptophan diubah menjadi serotonin, sehingga terjadi peningkatan mood. Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang bisa membantu untuk tidur dengan nyaman, magnesium juga berguna untuk relaksasi otot.

  1. Tajam penglihatan

Pada pisang ternyata juga mengandung Vitamin A, dimana vitamin ini penting untuk menjaga tajam penglihatan dan meningkatakan penglihatan pada malam hari.

  1. Bone

Pisang tidak memiliki kandungan kalsium yang cukup bagi kesehatan tulang tetapi pisang mengandung fruktooligosakarida yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium.

  1. Cancer

Beberapa penelitian mengatakan bahwa konsumsi pisang bisa mencegah terjadinya keganasan ginjal

Kulit pisang juga memiliki kandungan nutrisi yaitu Protein, serat, vitamin B6 dan B12, magesium, dan kalium. Kulit pisang bisa dimakan dengan cara dimasak, direbus, atau digoreng.

Pisang bisa menjadi risiko hanya jika kita memakannya secara berlebihan, pada orang dewasa dianjurkan untuk meminum jus buah atau pun dua buah pisang perhari. Pada orang yang memakan pisang berlebihan dapat terjadi hiperkalemia, dimana tanda dan gejalanya adalah kelemahan otot, paralisis sementara, dan denyut jantung yang tidak beraturan.

Baca Juga:  Apa Yang Terjadi Jika Kita Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji?

Sumber: livescience