Piroxicam (4)

Nama: Piroxicam



Interaksi Obat

  • Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Catat daftar semua produk obat yang Anda konsumsi (termasuk obat yang diresepkan dokter maupun tidak dan produk herbal) dan dengan dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dari dokter Anda.
  • Produk yang mungkin berinteraksi dengan obat ini meliputi: aliskiren, inhibitor ACE (seperti captopril, lisinopril), blocker reseptor angiotensin II (seperti losartan, valsartan), sidofovir, kortikosteroid (seperti prednison), lithium, “pil air” (diuretik seperti furosemide).
  • Obat ini dapat meningkatkan risiko pendarahan saat dikonsumsi dengan obat lain yang juga dapat menyebabkan perdarahan. Contohnya termasuk obat anti-platelet seperti clopidogrel, obat “pengencer darah” seperti dabigatran / enoxaparin / warfarin.
  • Periksa semua obat yang diresepkan maupun obat yang dibeli tanpa resep dengan hati-hati karena banyak obat yang mengandung penghilang rasa sakit / penurun demam (aspirin, NSAID seperti celecoxib, ibuprofen, atau ketorolac). Obat ini mirip dengan piroksikam dan dapat meningkatkan risiko efek samping jika diminum bersama-sama. Namun, jika dokter Anda telah mengarahkan Anda untuk mengkonsumsi aspirin dosis rendah sebagai pencegah serangan jantung atau stroke (biasanya pada dosis 81-325 miligram per hari), Anda harus terus mengkonsumsi aspirin kecuali dokter menginstruksikan untuk menghentikan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Overdosis
Jika overdosis dicurigai, hubungi ruang gawat darurat segera

Catatan:

  • Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.
  • Jika Anda melewatkan dosis, konsumsi segera setelah Anda ingat. Jika dekat waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang tidak terjawab dan melanjutkan jadwal pemberian dosis yang biasa Anda. Jangan minum dosis berganda untuk mengejar ketinggalan.
Baca Juga:  Trimethoprim/sulfamethoxazole (Bactrim) - Pemakaian pada Kehamilan dan Menyusui (4)

Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan siram obat ke toilet atau jangan tuangkan ke dalam saluran kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini ketika kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan kepada apoteker atau ke pihak pembuangan limbah obat lokal.

Baca Juga: Piroxicam (1)