Piroxicam (3)

Nama: Piroxicam



Pencegahan

  • Sebelum mengkonsumsi piroksikam, beritahu dokter atau apoteker jika Anda alergi obat tersebut; atau aspirin atau NSAID lainnya (seperti ibuprofen, naproxen, celecoxib); atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Sebelum mengkonsumsi obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama: asma (termasuk riwayat pernapasan yang memburuk setelah mengkonsumsi aspirin atau NSAID lainnya), kelainan darah (seperti anemia, perdarahan / masalah pembekuan), pertumbuhan jaringan di hidung (polip hidung), penyakit jantung (seperti serangan jantung sebelumnya), tekanan darah tinggi, penyakit hati, stroke, masalah tenggorokan/masalah perut/usus (seperti pendarahan/ulkus lambung).
  • Masalah ginjal kadang-kadang dapat terjadi dengan penggunaan obat NSAID, termasuk piroksikam. Masalah yang lebih mungkin terjadi jika Anda mengalami dehidrasi, mengalami gagal jantung atau penyakit ginjal, berusia lanjut, atau jika sambil mengkonsumsi obat-obatan tertentu (lihat juga bagian Interaksi Obat). Minum banyak cairan seperti yang diarahkan oleh dokter untuk mencegah dehidrasi dan beritahu dokter segera jika Anda memiliki perubahan jumlah urin yang tidak biasa.
  • Obat ini mungkin membuat Anda pusing atau mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas yang memerlukan kewaspadaan sampai Anda yakin Anda dapat melakukan kegiatan seperti biasanya.
  • Obat ini dapat menyebabkan perdarahan lambung. penggunaan alkohol dan merokok sehari-hari, terutama bila dikombinasikan dengan obat ini, dapat meningkatkan risiko perdarahan lambung. Batasi alkohol dan berhenti merokok. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.
  • Obat ini mungkin akan membuat Anda lebih sensitif terhadap matahari. Hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama, tanning atau sunlamps. Gunakan tabir surya dan memakai pakaian pelindung saat di luar ruangan.
  • Sebelum menjalani operasi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan atau yang dibeli secara mandiri di warung, dan produk herbal).
  • Pasien lansia (geriatri) mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini, terutama perdarahan perut / usus dan masalah ginjal.
Baca Juga:  Acarbosa - Dosis, Indikasi, dan Kontraindikasi

Jika hamil
Keamanan untuk kehamilan: kategori C, dan kategori D ketika trimester ketiga

Jenis kategori obat untuk kehamilan:

  • Kategori A: secara umum dapat diterima, telah melalui penelitian pada wanita-wanita hamil, dan menunjukkan tidak ada bukti kerusakan janin
  • Kategori B. mungkin dapat diterima oleh wanita hamil, telah melalui penelitian pada hewan coba namun belum ada bukti penelitian langsung pada manusia.
  • Kategori C: digunakan dengan hati-hati. Penelitian pada hewan coba menunjukkan risiko dan belum ada penelitian langsung pada manusia
  • Kategori D: digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan, dan dalam kondisi mengancam jiwa.
  • Kategori X: jangan digunakan pada kehamilan.
  • Kategori NA: tidak ada informasi

Sebelum menggunakan obat ini, wanita usia subur harus berbicara dengan dokter mereka tentang manfaat dan risiko (seperti keguguran, kesulitan hamil). Katakan kepada dokter

Anda jika Anda sedang hamil atau jika Anda berencana untuk hamil. Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan trimester pertama dan terakhir karena kemungkinan membahayakan bayi yang belum lahir dan gangguan pada persalinan.

Obat dapat ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Baca Juga: Piroxicam (4)