Piracetam

Nama: Piracetam
Nama Dagang: dinagen, myocalm, nootropil, qropi



  • Piracetam adalah prototipe untuk suplemen Racetam, yang merupakan kelompok suplemen sintetis untuk memberikan bantuan kemampuan kognitif untuk otak.
  • Piracetam memiliki sejarah yang digunakan untuk mengobati gangguan kognitif. Menurut meta-analisis studi manusia, piracetam meningkatkan kognitif umum ketika diberikan kepada orang-orang dalam keadaan penurunan kognitif, seperti kondisi kepikunan yang terkait dengan penuaan. Meskipun piracetam mungkin merupakan suplemen yang berguna untuk meningkatkan umur panjang, piracetam menawarkan manfaat yang terbatas untuk orang sehat.
  • Orang sehat yang mengkonsumsi piracetam hanya mengalami sedikit atau justru tidak ada manfaat kognitif. Meskipun suplemen piracetam pada orang sehat masih kurang penelitian, bukti-bukti awal menunjukkan bahwa piracetam yang paling efektif untuk orang lanjut usia. Suplementasi piracetam juga telah ditemukan untuk mengurangi kemungkinan kesulitan bernapas pada anak-anak.
  • Piracetam meningkatkan fluiditas membran sel. Mekanisme ini menjelaskan mengapa piracetam mampu meningkatkan kognitif, terutama pada orang tua.
  • Piracetam seefektif aspirin ketika digunakan untuk mencegah pembekuan darah, yang membuatnya menjadi intervensi tambahan berguna setelah trauma kardiovaskular seperti stroke

Catatan

  • Piracetam larut dalam air, dan tidak perlu diminum bersamaan dengan makanan
  • Banyak penelitian mencatat variabilitas (perbedaan respon antar-individu) yang tinggi
  • Obat ini (anekdot) dilaporkan merupakan obat yang non-stimulasi (tidak menstimulasi otak) dan non-sedatif (bukan merupakan obat penenang)

Kegunaan
Penurunan kognitif, telah diteliti pada penelitian double-blind berulang, konsistensi penelitiannya sangat tinggi.  Tampaknya ada pengurangan penting dalam tingkat penurunan kognitif (atau rehabiliation kognisi umur) terkait dengan dosis tinggi Piracetam dari waktu ke waktu dan dengan cara yang umum. Piracetam kadang-kadang digunakan sebagai pembanding untuk penurunan kognitif.

Kesulitan bernapas, dengan efek yang kuat, telah diteliti pada penelitian double-blind tunggal atau penelitian kohort multipel, dan memiliki konsistensi hasil yang sangat tinggi. Sangat efektif dalam mengurangi kesulitan bernapas pada bayi ketika digunakan pada dosis layak, hampir benar-benar mengurangi gangguan napas tanpa efek samping.

Agresivitas, dengan efek yang kecil, namun penelitian telah diteliti pada penelitian double-blind tunggal atau penelitian kohort multipel, dan memiliki konsistensi hasil yang sangat tinggi.  Pada orang dengan penurunan kognitif, suplementasi Piracetam mampu mengurangi agresivitas dan agitasi.

Baca Juga:  Ampicillin - Kontraindikasi dan Efek Samping (2)

Memori, dengan efek yang kecil, telah diteliti pada penelitian double-blind tunggal atau penelitian kohort multipel, dan memiliki konsistensi hasil yang sangat tinggi. Peningkatan ingatan dengan konsumsi piracetam; bukti masihi sangat terbatas pada individu yang sehat.

Pemulihan Stroke,telah diteliti pada penelitian double-blind tunggal atau penelitian kohort multipel, dan memiliki konsistensi hasil yang sangat tinggi. Tidak efektif dalam satu penelitian di mana tingkat pemulihan stroke dinilai

Kognisi, telah diteliti hanya pada penelitian tidak terkontrol atau penelitian observasional.  Tidak ada pengaruh yang signifikan pada kognisi dan saraf pada orang sehat

Dosis
Dosis standar untuk anak-anak adalah antara 40-100mg per kilogram berat badan. Dosis ini dimaksudkan untuk pengobatan gangguan pernapasan, meskipun juga telah digunakan untuk anak-anak dengan disleksia. Batas dosis bawah kisaran (40-50 mg / kg) paling sering digunakan.

Dosis standar untuk orang dewasa adalah antara 1,200-4,800mg hari. Dosis efektif terbesar adalah 1,600mg, dikonsumsi tiga kali sehari untuk total dosis harian 4,800mg.

Efek Samping
Efek samping piracetam jarang dan berdurasi pendek meliputi kecemasan, insomnia, mengantuk dan agitasi. Mungkin aman dikonsumsi hingga 18 bulan pada manusia pada dosis harian 3,2 gram dengan penelitian satu tahun pada pasien Alzheimer yang rawat jalan adalah menggunakan 8 gram dosis harian dan tidak melaporkan adanya efek samping.] Piracetam juga tampaknya memiliki penggunaan klinis ( dan kurangnya efek samping) bila digunakan pada anak-anak dan remaja yang mengalami gangguan pernapasan dengan dosis oral 50-100mg / kg berat badan pada anak usia 5-60 bulan.

Piracetam tampaknya cukup non-toksik pada dosis yang umum digunakan, dan beberapa studi melebihi dosis yang dianjurkan (yaitu dosis 4,8 gram sehari) tidak menemukan toksisitas terkait dengan piracetam