Pinggang Sedikit Bergelambir Ternyata Pertanda Tubuh Sehat

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang merasa terganggu dengan pinggang yang sedikit bergelambir. Tak hanya membuat penampilan menjadi tidak menawan, kondisi yang disebabkan oleh tumpukan lemak ini juga dikhawatirkan bisa menjadi tanda bahwa tubuh kita berada dalam kondisi kurang sehat. Namun, dalam sebuah penelitian terbaru, adanya tumpukan lemak pada pinggang yang membuat perut kita sedikit bergelambir ini justru menandakan bahwa tubuh kita memiliki resiko lebih rendah untuk terkena penyakit. Kok bisa?

doktersehat-selulit-gendut-gemuk-perut

Banyak orang yang berpikir jika dengan memiliki badan yang kurus berarti tubuh juga berada dalam kondisi yang lebih sehat. Padahal, badan yang kurus tidak serta merta menjamin tubuh kita benar-benar sehat secara metabolik. Dalam penelitian ini, jika kita menemukan tumpukan lemak pada area pinggang dan paha, kita ternyata tidak perlu khawatir berlebihan karena tumpukan lemak ini lebih aman jika dibandingkan dengan tumpukan lemak yang ada pada rongga perut. Sebagai informasi, tumpukan lemak yang membuat perut membuncit ini justru bisa mengganggu sistem organ dan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit tertentu.

Banyak orang yang berpikir jika asalkan memiliki tubuh yang ramping dan indeks massa tubuh yang normal, maka mereka sudah aman dari berbagai macam penyakit dan memiliki tubuh yang sehat. Padahal, mereka juga memiliki resiko terkena masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau resistensi insulin. Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam Livescience ini, disebutkan bahwa 20 persen orang dengan berat badan normal ternyata tidak sehat secara metabolik.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir jika pinggang kita tidak benar-benar ramping atau sedikit menggelambir. Asalkan kita menjaga gaya hidup tetap sehat, kita juga tetap bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit.