Pilot Ternyata Termasuk Dalam Profesi Yang Mudah Memicu Depresi

DokterSehat.Com – Belakangan ini, berita tentang pilot sebuah maskapai penerbangan nasional yang sedang mabuk sebelum menerbangkan pesawat cukup menghebohkan masyarakat. Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana seorang pilot yang memiliki pendapatan yang cukup besar dan juga kerap mengelilingi banyak tempat ini bisa mengkonsumsi minuman beralkohol layaknya mereka yang mengalami stress atau depresi. Jawaban dari pertanyaan ini adalah pilot ternyata memang termasuk dalam profesi yang mudah memicu depresi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Fakta yang cukup mengejutkan ini ditemukan dalan jurnal Enviromental Health. Dari jurnal ini, diketahui ada hasil penelitian yang dilakukan oleh Havard Chan School yang menyebutkan jika profesi pilot ternyata bisa memicu stress dengan level yang cukup berat mengingat besarnya tanggung jawab yang diemban sekaligus besarnya tuntutan pada mereka untuk menghindari kesalahan sekecil apapun mengingat taruhannya adalah nyawa dari cukup banyak penumpang. Selain karena tekanan besar ini, jadwal penerbangan yang padat juga mampu membuat mereka kurang beristirahat dan mengalami kelelahan yang berimbas pada depresi.

Dalam penelitian ini, ada 1.850 pilot maskapai penerbangan yang berasal dari 50 negara yang diminta untuk mengisi survei. Dari hasil survei, diketahui bahwa 13 persen pilot ternyata termasuk dalam mereka yang rentan terkena depresi. 4 persen dari para pilot ini bahkan diketahui sempat terpikir untuk melakukan bunuh diri. Joseph Allen, salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, menyebutkan jika banyak pilot yang berjuang keras mengatasi depresi ini namun mereka takut untuk memeriksakan kondisinya ke dokter karena tidak ingin masalah kesehatannya mempengaruhi kariernya.

Karena rentannya para pilot ini untuk terkena depresi. Banyak dari mereka yang kecanduan obat tidur atau bahkan melampiaskannya dengan minuman beralkohol. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya maskapai penerbangan mulai memperhatikan kesehatan mental para pilot sehingga mereka pun tidak akan mudah terkena depresi dan tidak akan membahayakan para penumpang.