Jangan Asal Konsumsi Makanan di Pagi Hari saat Lebaran, Ini Pilihannya!

Pilihan-makanan-pagi-hari-lebaran-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Trevor King

DokterSehat.Com– Hari lebaran sudah tiba! Pada hari lebaran kita akan merayakan ibadah salat idul fitri pada pagi hari. Pada pagi hari ini pula kita juga tidak lagi diperbolehkan berpuasa, lalu, makanan apa ya yang sebaiknya kita konsumsi pada pagi hari setelah sebulan berpuasa?

Kerap dianggap sepele, padahal apa yang kita makan saaat awal hari setelah sebulan berpuasa, bisa berdampak pada kesehatan kita sepanjang hari, lho.

Makanan yang dikonsumsi asal saat pagi hari setelah sebulan berpuasa bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan hingga tubuh merasa lemas. Lalu kira-kira, bagaimana sih cara memilih makanan yang tepat pada pagi hari setelah sebulan berpuasa?

Mengapa memilih makanan pertama setelah sebulan berpuasa menjadi penting?

Makanan yang kita konsumsi di pagi hari setelah seharian berpuasa menjadi penting diperhatikan karena pencernaan kita masih sangat sensitif setelah sebulan penuh berpuasa.

Pencernaan, utamanya lambung sebaiknya dipersiapkan dengan baik setelah beradaptasi dengan kebiasaan makan saat puasa.

doktersehat-makanan-cegah-diare-puasaSelain itu, lambung sebaiknya dipersiapkan dengan baik untuk menyambut asupan makanan yang umumnya lebih banyak dari saat biasanya. Hal ini tentu wajar terjadi karena pasca puasa waktu makan menjadi lebih bebas.

Nah, jika pilihan makanan di pagi hari setelah sebulan berpuasa adalah makanan yang tidak tepat, maka lambung atau pencernaan akan terganggu.

Produksi asam lambung bisa meningkat atau adanya gangguan pencernaan seperti perut yang kembung dan begah hingga timbulnya diare.

Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi saat hari lebaran, bukan?

Tips memilih makanan saat pagi hari setelah sebulan berpuasa

Untuk itu, kita haruslah cermat memilih makanan pada pagi hari, ya.

Makanan yang dikonsumsi di pagi hari, baik sebelum melakukan salat idul fitri maupun setelah salat, sebaiknya adalah makanan yang tidak berbumbu tajam, misalnya bumbu pedas atau asam, masakan dengan banyak lemak atau santan serta makanan yang banyak mengandung gas.

Hindari juga mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, jangan memilih minuman asam dan minuman bersoda yang menyebabkan gas.

doktersehat makanan pedas
photo credit: Pexels.com

Anda bisa memilih makanan yang dapat memberikan cukup energi, padat gizi, dan menghidrasi tubuh dengan baik. Pilihan makanan yang bisa dipilih sebagai menu makanan di pagi hari setelah sebulan berpuasa, adalah:

1. Roti dengan telur yang diolah dengan metode rendah lemak

Konsumsi makanan di pagi hari sebainya tidak berlebihan, 1-2 lembar roti dengan telur yang diolah dengan metode rendah lemak, misalnya ceplok air atau irisan telur rebus, bisa jadi pilihan super untuk memulai hari lebaran.

doktersehat-sandwich-obesitas-lunch
pic credit: Cafeterías Nebraska

Pilihan menu ini bisa memberikan asupan energi yang cukup tanpa memperberat metabolisme tubuh. Jangan lupa tambahkan irisan tomat agar asupan serat dalam tubuh bisa meningkat, ya.

2. Bubur dengan ayam rebus

Sajian lain untuk memulai hari yang tidak mengganggu pencernaan adalah bubur nasi dengan ayam rebus. Anda bisa menambahkan bumbu kaldu alami dari ayam dan sayuran.

doktersehat-bubur

Sama dengan menu sebelumnya, bubur dengan ayam rebus bisa mensuplai energi dalam jumlah yang cukup tanpa mengganggu pencernaan.

3. Biskuit dengan selai kacang

Sedang tidak ingin makan berat? Anda bisa memilih biskuit dengan olesan selai kacang untuk memulai pagi hari setelah sebulan berpuasa. Asupan energi dan protein nabati sangat baik untuk tubuh.

Olahan kacang juga tetap tinggi serat sehingga asupan serat dalam tubuh bisa tetap tercukupi dengan memilih menu ini.

4. Susu rendah lemak

Mengonsumsi segelas susu bisa jadi pilihan tepat yang praktis untuk memulai pagi hari saat lebaran.

doktersehat-minum-susu-kemasan

Pastikan Anda memilih susu yang rendah lemak ya. Hal ini akan sangat baik agar metabolisme tubuh tidak menjadi berat dan pencernaan tidak terganggu.