Pilih Tisu Atau Saputangan Untuk Menangangi Pilek?

DokterSehat.Com – Pilek adalah salah satu penyakit yang paling mudah datang di puncak musim hujan seperti sekarang ini. Saat kita pilek, hidung bisa saja mengeluarkan ingus dalam jumlah yang cukup besar sehingga kita pun akan dipaksa untuk sering-sering membuangnya. Untuk membuang ingus, orang akan terpecah dalam golongan yang memakai tisu dan yang memakai saputangan. Mereka yang memilih saputangan biasanya memakai alasan sayang dengan banyaknya tisu yang terbuang sementara saputangan bisa segera dicuci dan digunakan kembali. Manakah yang lebih baik untuk pilek kita? Tisu atau saputangan?

doktersehat-sinus-sinusitis-tht-hidung

Ingus yang keluar terus menerus tentu akan sangat merepotkan. Baik tisu maupun saputangan bisa membantu membuang ingus dari hidung. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan jika penggunaan saputangan ternyata bisa memperparah pilek. Bagaimana tidak, saputangan yang telah dipakai untuk membuang ingus sebelumnya tentu telah dipenuhi berbagai kuman dan jika kita memakai bagian saputangan lainnya untuk membuang ingus, saputangan ini sudah tidak lagi higienis layaknya jika kita memakai tisu. Tisu akan terus tetap bersih karena tisu yang sebelumnya kita pakai untuk membuang ingus telah kita buang. Hal ini berarti, kita telah mencegah penyebaran kuman dan mencegah penyakit ini bertambah parah.

Beberapa jenis saputangan ternyata terbuat dari bahan yang tidak lembut sehingga jika kita sering-sering memakainya pada hidung, bisa jadi hidung akan terkena iritasi. Hal ini tentu sangat kontras jika kita memakai tisu mengingat tisu cenderung lebih lembut sehingga akan meminimalisir iritasi pada hidung. Selain itu, jika kita menggunakan saputangan untuk membuang ingus, kita tentu akan kerepotan untuk membawa saputangan yang sudah kotor. Tentu akan sangat tidak sehat jika kita menempatkan saputangan yang penuh ingus pada tas atau saku baju, bukan?

Baca Juga:  Sering Marah Dapat Memperpendek Umur

Satu hal yang harus kita ingat adalah, jangan pernah membuang tisu bekas membuang ingus sembarangan karena tentu hal ini tidak baik bagi kebersihan lingkungan. Andaipun anda masih bersikeras tetap memakai saputangan karena alasan dibuang sayang, pastikan bahwa anda sering-sering mencuci tangan setelah bersin, membuang ingus, atau saat ingin memakan makanan.