Pilek Tak Kunjung Sembuh Hingga Bertahun-Tahun, Ternyata Ada Gigi yang Tumbuh di Hidungnya

DokterSehat.Com– Seorang wanita yang tidak disebutkan namanya dan berusia 57 tahun dari China mengalami pilek yang tak kunjung sembuh hingga bertahun-tahun lamanya. Ia pun akhirnya memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter dan terkejut bukan main saat mengetahui penyebab pileknya.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Selama mengalami pilek menahun ini, hidung sang wanita tersumbat dan kadangkala mengalami pendarahan. Sang dokter yang berasal dari Provinsi Hunan ternyata menemukan adanya gigi pada rongga hidungnya usai pemindaian. Diyakini, gigi inilah yang memicu peradangan kronis pada hidungnya. Karena dianggap berbahaya, dokter pun memutuskan untuk segera mengeluarkan gigi tersebut. Sayangnya, karena gigi ini berbentuk utuh dan lengkap hingga ke bagian akar, dokter mengalami kesulitan untuk melakukannya.

Dalam dunia medis, gigi tambahan ini disebut sebagai supernumerary teeth. Meskipun terlihat aneh, dalam realitanya sebuah penelitian justru mengungkap fakta bahwa 4 persen populasi di seluruh dunia ternyata memilikinya. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 dan dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Journal of Conservative Dentistry ini juga menyebutkan bahwa pria cenderung 2 kali lebih beresiko memiliki supernumary teeth dibandingkan dengan wanita.

Biasanya, supernumary teeth tumbuh ke bagian maxilla atau bagian atas dari tulang rahang. Gigi ini akan terus tumbuh ke bagian bawah seiring dengan tanggalnya gigi susu. Hanya saja, dalam beberapa kasus, gigi ini juga bisa tumbuh mengarah ke bagian hidung.

Belum jelas bagaimana bisa gigi tambahan ini muncul, namun, pakar kesehatan menduga jika hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik.