Pilek Dapat Menyebabkan Gangguan Pada Telinga

DokterSehat.Com – Pilek adalah kondisi yang di tandai oleh adanya cairan encer atau kental (ingus) dalam hidung dan sering menyumbat hidung.



Bila kita sedang pilek, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat mengakibatkan infeksi telinga. Penumpukan lendir pada tuba dapat merupakan tempat bakteri untuk berkembang biak. Bila sudah terjadi infeksi, terjadi penumpukan nanah di dalam tuba.

Penumpukan nanah tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan nanah tersebut akan keluar merobek gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda. Selain nyeri, juga dapat timbul demam tinggi.

Maka dari itu, janganlah menyepelekan pilek anda. Segera atasi pilek sebelum terjadi infeksi pada telinga. Bila sudah terjadi robekan pada gendang telinga, dokter akan melakukan operasi untuk mengembalikan keutuhan gendang telinga tersebut.