Pilek Bisa Menyebabkan Kematian

DokterSehat.Com – Demam, batuk, dan pilek biasa menyerang terutama saat musim hujan seperti sekarang ini. Namun jangan pernah remehkan serangan penyakit tersebut karena bila tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan penyakit pneumonia, bahkan dapat menyebabkan kematian.

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Pilek, batuk, dan demam dapat mudah menyebar dan bisa menyerang siapa saja. Selanjutnya penyakit ini bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi.

Pneumonia merupakan pembunuh tertinggi setelah diare pada anak-anak. Tercatat pneumonia menyebabkan kematian pada anak di bawah usia lima tahun.

Spesialis anak, dr. Elina Waiman menerangkan penyebab pneumonia adalah infeksi yang bisa disebarkan dari orang ke orang.

Kondisi tubuh anak yang tidak baik saat tertular batuk atau pilek dapat dengan mudah berkembang menjadi pneumonia.

Jangan remehkan batuk, pilek, atau demam. Sistem kekebalan tubuh yang lemah, adanya virus ganas yang menyerang, serta pengobatan yang tidak benar dapat mengakibatkan orang yang tadinya hanya menderita demam, batuk, dan pilek dapat  berkembang menjadi infeksi saluran pernapasan bawah atau pneumonia dan ini bisa mengakibatkan kematian.