Pil KB Tidak Membuat Gemuk dan Mencegah Jerawat

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Pilih minum pil KB tapi takut gemuk? Rasanya, ketakutan seperti itu kini tak perlu ada. Sebab, ada inovasi baru yakni pil KB yang mengandung drospirenone (DRSP).

Sejumlah penelitian menunjukkan, pil KB dengan kandungan DRSP ini tak hanya mampu mencegah kehamilan tapi juga memiliki manfaat tambahan (non-kontraseptif) yang sangat berguna bagi kaum perempuan. Selain tak merangsang kegemukan, pil KB ini juga tak akan mengundang munculnya jerawat di kulit wajah.

DRSP akan mencegah terjadinya retensi cairan di dalam tubuh, kata Dokter Soehartono DS SpOG KFER, konsultan fertilitas dan endokrinologi reproduksi dari Klinik Reproduksi Manusia RSUD dr Soetomo, Surabaya. ”Karena itu, kenaikan berat badan akibat retensi cairan bisa dicegah,” katanya seperti dikutip sumber republika.

Penelitian yang dilakukan sebuah produsen obat terkemuka menunjukkan, sekitar 34 persen perempuan yang menggunakan pil KB dengan drospirenone justru mengaku mengalami penurunan berat badan setelah setahun menggunakan pil KB tersebut.

Selain mencegah kenaikan berat badan, pil KB jenis ini juga membuat siklus haid lebih teratur, serta mengurangi rasa sakit (kram) saat haid. Mengenai ketakutan akan munculnya jerawat yang berpotensi mengganggu penampilan, Soehartono menegaskan, pil KB dengan DRSP justru mampu menghaluskan kulit, termasuk mencegah jerawat. ”Karena sifat antiandrogenik-nya, pil KB ini bermanfaat mengurangi produksi sebum sehingga bisa mengurangi jerawat dan mempercantik kulit.”

Manfaat lainnya, pil KB dengan DRSP ternyata memiliki efek positif pada profil lipid (lemak), yakni meningkatkan HDL (kolesterol baik), namun tidak menaikkan LDL yang merupakan kolesterol jahat seperti kecenderungan pil KB lain. ”Pil KB dengan DRSP juga sangat cocok untuk perempuan yang menderita hipertensi.”

Walau begitu, kata Soehartono, mekanisme pil KB dengan DRSP sebenarnya tidak jauh berbeda dibanding pil KB lainnya. Pil KB pada dasarnya bekerja untuk mencegah terjadinya ovulasi dengan cara mengentalkan lendir leher rahim sehingga sperma sulit menembus sel telur. ”Selain itu, pil KB juga bisa mengubah lapisan dinding rahim sehingga tidak siap menerima dan menghidupi sel telur yang dibuahi.”

Baca Juga:  Apa itu Osteoporosis

Tak dianjurkan dalam kondisi tertentu

Walau banyak manfaatnya, pemakaian pil KB terkadang tidak dianjurkan. Dalam kondisi tertentu seperti hamil, menyusui, perdarahan vagina yang tidak jelas, menderita penyakit lever, kanker payudara, dan migrain, seorang wanita tidak dianjurkan menggunakan pil KB. ”Kalangan perempuan yang sudah menginjak masa menopause juga disarankan tidak menggunakan pil KB. Hal ini karena kandungan hormon estrogen dan progesteron sintetis dalam pil KB terbilang tinggi,” ungkapnya.

Kandungan hormon yang tinggi pada pil KB, menurut Soehartono, justru bisa merugikan kaum perempuan karena bisa merangsang munculnya kanker payudara. Risiko kanker payudara ini bisa meningkat jika mengonsumsi pil KB, demikian menurutnya. ([email protected])

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Pingback: Manfaat Pil Kb | Caramanfaat.net

  2. vivin seftiyani

    Dok apakah ?? dimaksud dgn kb DRSP adalah D-35 atw CA+E ??? singkatanya aja dok

  3. ike

    dok, sy mau nanya, seandainya minum pil pada malam hari, lalu berhubungan intim pada pagi dan siang hari, akan membuat sya hamil ??? trims dok

  4. rizky

    dok, saya baru aja melahirkan n rncna mo pke kontrasepsi, yg bgus n aman apa ya..yg g bikin gemuk n jerawat sdgkn di artikel ini klo pke pil mlh bsa kna kanker payudara..
    mksih ats jwbnny

  5. ajeng

    Makasih infonya tentang pil kb yg gak bikin gemuk,,dan ternyata mahal ya?

  6. manik

    Sy konsumsi pil kb neyna ini sudah lama karena utk menghilangkan jerawat..memang effective sekali dan wajah jd bersih. Tp begitu stop jerawat sampai ke kepala muncul jd sy minum lg dan begitu seterusnya. Dan sy sdh hampir 3thn minum pil kb ini. Sy minum lg sejak 2 bulan lalu setelah stop 3 bulan karna wajah berminyak lg. Namun yg sangat mengejutkan sy mens sy jd tdk lancar hanya sedikit sekali sampai 1 hari itu tdk pernah ganti yg mana biasanya sampe 4 kali ganti dan perut sy terasa sakit sekali serta kram. Bulan ini sy blm men tp tandanya perut sdh mulai sakit. Apa ada hubungannya ya dok dgn umur sy sekarang 41th dgn effektifnya cara kerja pil kb tersebut? Apakah sy hrs stop minum pil kb itu karena gejala yg timbul agar tdk terjadi menopouse dini? Karna tdk biasanya saya sakit perut saat mens sejak sy mengkonsumsi pil kb. Sy pengen lepas dr pil ini. Tp gak bisa karena jerawat sy padti muncul lg. Minta tlg pendapat dan sarannya dok. Dan sy ingin memeriksakan diri mengenai hormon sy. Sy hrs kedokter mana ya? Terima kasih atas kesediannya utk menjawab masalah sy. Salam

    1. Dr. Yulia Evita

      silahkan ke apotek terdekat untuk mengetahui harga pil kb tersebut.
      terimakasih

      salam

    1. Dr. Eko

      Selamat malam Ika
      Seharusnya dengan konsumsi pil KB, anda akan datang bulan pada saat konsumsi pil yang berisi placebo
      sebaiknya konsultasikan dengan dokter Spesialis kandungan agar dapat menormalkan kembali siklus haid
      Bila anda berkenan, bisa juga ditawarkan modalitas kontrasepsi yang lain
      Terima kasih

  7. dewi

    Apa ya dok nama pil KB itu..soalnya saya saya ikut kb implan(susuk) kok makin gemuk aja…mau nya pindah ke pil KB yg g bikin gemuk dan tdk berjerawat..makasih dok infonya

    1. dr. Eko B

      Selamat Siang Dewi
      KB pil adalah KB yang menggunakan hormon, tetap ada risiko untuk bertambah gemuk
      bila anda ingin yang tidak menyebabkan kegemukan, dapat menggunakan IUD/spiral

      Maaf kami tidak dapat meresepkan obat secara inline untuk alasan keamanan
      Silakan konsultasikan dengan Dokter praktek terdekat
      Terima kasih

  8. iva

    Dok, itu yg d tulis di article nmanya pil Kb ap????
    Ko gk jls gt. Oya ad gk ya pil kb yg cm d minum skali dlm satu Bulan, soalny efek samping Dr pil Kb itu yg sya tdk sk kyk mual pusing kdg smpk lamas sharian dn bikin gelisah kdg Kan klo tdr mlm jd srg kebangun dn tdr bs tdk nyenyak.

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Iva
      pil KB yang dimaksud di atas adalah pil yang mengandung bahan aktif drospirenone
      tidak ada, pil KB harus diminum sehari sekali
      jika anda ingin yang jangka waktu panjang, dapat menggunakan suntik 1 bulan, suntik 3 bulan, implan (2-3tahun) atau IUD (4-5 tahun)

      sejauh ini jarang dilaporkan efek samping pil KB berupa gelisah dan gangguan tidur

      silakan konsultasikan dengan Dokter terdekat untuk pemilihan kontrasepsi yang cocok untuk anda
      Terima kaish

  9. iva

    Dok, pil Kb ap ya yg d maksud di article di atas???? Oya apakah Ada pil KB yg hanya minum satu kali dlm seBulan krna sya Terganggu dg efek samping dari pil KB kyk mual, pusing kdg sharian limes smua badan atau pas mlm msti kyk rasa gelisah gite dn he bs tdr nyenyak lg. Terimakasih

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Iva
      pil KB yang dimaksud di atas adalah pil yang mengandung bahan aktif drospirenone
      tidak ada, pil KB harus diminum sehari sekali
      jika anda ingin yang jangka waktu panjang, dapat menggunakan suntik 1 bulan, suntik 3 bulan, implan (2-3tahun) atau IUD (4-5 tahun)

      sejauh ini jarang dilaporkan efek samping pil KB berupa gelisah dan gangguan tidur

      silakan konsultasikan dengan Dokter terdekat untuk pemilihan kontrasepsi yang cocok untuk anda
      Terima kasih

  10. yanti

    Dok, saat ini saya ibu dr dua anak um 3th sm 1,5th.slm ini saya kb pakai kondom krn sdh diajrkn sm dokter sy utk tdk kb dgn kndgn hrmon takut tmbh brt bdn lebih.
    Nah yg mau saya tnykn saat ini saya msh menyusui tp asi saya jg keluar dikit skali krn saya jg krj
    Apakah saya bisa kb dengn menggunakan pil kb kira2 yg cocok apa ya dok…?
    soalny saya msh binggung untk mengawaliny.
    Terimakasih

    1. dr. Eko B

      Selamat Siang Bu Yanti
      karena ibu sedang masa menyusui, sebaiknya tidak menggunakan pil KB karena mengandung hormon estrogen
      dan Hormon estrogen dapat menghambat produksi hormon prolaktin, sehingga ASi bisa berhenti

      Sebaiknya anda menggunakan KB non hormonal, antara lain pantang berkala, senggama terputus, kondom, ataupun alat kontrasepsi dalam rahim (IUD)

      sebaiknya anda lebih sering menyusui bayi anda agar produksi ASI tidak menurun
      Terima kasih

  11. Ling TL

    Hai dok,salam kenal,
    Saya mau tanya,
    Jika kb 3 bulan,itukan bisa menyebabkan naikny berat badan,
    Tapi klu sambil menjalankan kb dan sekaligus jalanin diet apa berat badan bisa naik juga apa tidak ya dok,
    Thanks dok sudah membaca pesan saya.

    1. dr. Eko B

      Selamat Siang Ling TL
      Kenaikan berat badan tidak selalu terjadi pada pengguna KB suntik
      dengan pola makan dan pembatasan kalori yang baik, dan olahraga yang teratur, dapat meminimalisir peningkatan berat badan
      terima kasih

  12. Pingback: Efek Samping Pil Gemuk – tips menghilangkan perut buncit

  13. Pingback: Agar Tidak Kurus Saat Menyusui – Mengecilkan Perut

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *