Pikiran Buntu? Kunyah Saja Permen Karet

DokterSehat.Com– Kadangkala pikiran kita seperti buntu sehingga susah untuk berkonsentrasi dan berpikir jernih. Jika hal ini terjadi saat kita sedang bekerja atau menyelesaikan tugas yang penting, maka bisa jadi tugas tersebut sulit untuk diselesaikan dengan baik. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa segera mengatasi pikiran buntu ini dengan cara yang mudah, yakni dengan mengunyah permen karet.

doktersehat-permen-karet-gum

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu area kognitif otak yang berperan besar dalam fungsi memori episodik, memori kerja, serta kecepatan dalam mengolah persepi berfungsi dengan lebih baik. Hal ini tentu akan membuat kita kembali mendapatkan konsentrasi dan berpikir dengan lebih jernih.

Tak hanya bisa memperbaiki kinerja otak, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa memberikan efek positif lainnya seperti membantu menurunkan berat badan. Dengan mengunyah permen karet, maka kita justru bisa menahan keinginan ngemil makanan ringan yang tidak sehat. Selain itu, mengunyah permen karet juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengunyah permen karet selama 20 menit bisa membuat produksi air liur meningkat. Banyaknya air liur ini akan menurunkan jumlah bakteri di dalam mulut yang bisa merusak gigi dan memicu masalah bau mulut. Jika permen karet yang kita kunyah mengandung xylitol, maka kita pun bisa mencegah terbentuknya lubang-lubang kecil pada gigi.

Hanya saja, ada baiknya kita juga tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan, jika kita mengunyah 16 buah permen karet yang memiliki kandungan sorbitol, maka kita justru akan meningkatkan resiko terkena diare.