Pijat Saat Demam Bisa Mematikan

DokterSehat.Com– Saat kita sedang terserang demam, tubuh memang akan terasa sangat tidak nyaman. Beberapa orang bahkan juga merasakan sensasi ngilu pada persendian sehingga meminta orang lain untuk memijat badannya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, orang yang sedang terkena demam ternyata tidak boleh sembarangan dipijat. Berikut adalah alasan dari anjuran ini.

pijat-saat-demam-doktersehat

Demam terjadi sebagai respons dari sistem imun tubuh pada infeksi atau peradangan yang terjadi pada tubuh. Infeksi atau peradangan ini bisa dipicu oleh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh mengalami peningkatan suhu dengan signifikan sehingga cairan tubuh pun akan lebih cepat menguap dan membuat kita rentan terkena dehidrasi. Aliran darah juga akan cenderung meningkat.

Tujuan dari memijat tubuh sebenarnya adalah memperlancar aliran darah sehingga kita bisa merasakan sensasi tubuh yang terasa lebih enakan setelah mendapatkannya. Hanya saja, efek ini hanya akan dirasakan jika tubuh berada dalam kondisi normal. Jika kita memijat tubuh saat berada dalam kondisi demam, maka aliran darah yang sebenarnya sudah sangat cepat akan terus meningkat sehingga bisa membuat suhu tubuh menjadi semakin tinggi. Yang menjadi masalah adalah, suhu tubuh yang terlalu panas bisa memicu kejang demam.

Efek lain yang bisa didapatkan dari memijat tubuh seseorang yang sedang demam adalah menguras energi di dalam tubuhnya. Peningkatan aliran darah dengan signifikan ternyata juga akan menghabiskan energi tubuh. Padahal, sistem kekebalan tubuh sangatlah membutuhkan energi untuk melawan berbagai infeksi atau peradangan. Tak hanya itu, pembuluh darah juga akan beresiko pecah jika kita memijat orang yang sedang demam. Sebagai contoh, penderita demam berdarah dengue akan mengalami penurunan kadar trombosit dalam darah dengan signifikan dan mempengaruhi kondisi pembuluh darahnya. Jika kita memijat tubuhnya, maka pembuluh darahnya bisa saja pecah dan akhirnya memicu pendarahan dalam yang sangat berbahaya.

Baca Juga:  Kejang pada Anak - Kejang Demam dan Kejang Neonatus

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan memijat orang yang sedang demam. Jika badan terasa tidak karuan, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi yang aman untuk menghilangkannya.