Pijat Kerampang Bisa Memudahkan Proses Bersalin

DokterSehat.com – Saat hamil fisik ibu banyak mengalami perubahan baik fisik bagian luar maupun bagian dalam. Struktur dan elastisitas organ dalam juga menglami perubahan.



Janin yang makin membesar dalam rahim akan menekan semua organ dalam perut dan vagina. Penekanan ini nantinya dapat mempengaruhi kelancaran proses melahirkan. Untuk mempermudah persalinan memang sebaiknya ada beberapa lapisan dalam tubuh yang elastis.

Gerakan senam hamil dapat melatih elastisitas vagina, rahim, dan otot perut. Tapi, semua itu belum cukup, masih ada beberapa organ lain yang harus dilatih kelenturannya. Untuk mempermudah persalinan dan menjaga kesehatan setelah persalinan sebaiknya latih juga kelenturan lapisan kerampang yakni lapisan yang terdapat di bagian dalam organ yang membatasi vagina dan lubang anus.

Saat melahirkan kemungkinan lapisan kerampang bisa robek terlalu panjang sehingga membuat vagina dan anus menyatu. Bila robekan terlalu parah dan penjahitan kerampang tidak benar maka bisa menyebabkan munculnya aroma tidak sedap di vagina saat berhubungan seks.

Supaya robekan tidak sampai ke anus dan proses melahirkan menjadi lebih mudah disarankan untuk melakukan pijat kerampang. Pemijatan ini bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan suami.

Pijat kerampang bisa dilakukan pada wanita yang baru pertama kali hamil. Pijatan ini bisa dilakukan ketika kehamilan memasuki usia 34 minggu. Saat melakukan pijatan sebaiknya gunakan jeli yang berbahan dasar air. Jangan gunakan losion berbahan dasar minyak sebab dapat membuat kerampang iritasi dan panas.

Pijat kerampang dengan jari telunjuk bila Anda melakukannya sendiri. Gunakan ibu jari bila pijatan dilakukan suami. Lakukan gerakan setengah lingkaran dari arah jam tiga ke arah jam enam selama 3-5 menit tiap pagi.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Saat Berhubungan Seks

Selain itu, Anda juga disarankan untuk rutin berjalan kaki untuk merangsang posisi bayi agar segera masuk ke jalan lahir. Lakukan jalan kaki dengan santai bersama suami untuk menemani Anda.

Bila Anda mengikuti senam hamil biasanya akan dilakukan latihan duduk dan relaksasi di atas bola karet besar yang elastis dan stabil menyangga tubuh. Beberapa teori menyatakan bahwa duduk dan mengayun perlahan di atas Birthing Balls bisa membantu bayi untuk bergerak ke posisi jalan lahir secara alami. Sebaiknya lakukan latihan ini di bawah pengawasan instruktur agar tidak terjadi cedera.

Periksakan kondisi kandungan Anda secara rutin dan jangan lupa konsultasikan kepada dokter Anda bila akan melakukan olahraga atau aktivitas lain yang bisa membahayakan janin.