Pete Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Petai adalah sayuran seperti kacang panjang yang isinya sebesar biji kurma dan mempunyai bau yang khas, mirip seperti jengkol. Meskipun bau atau aromanya tidak sedap, tapi sayuran hijau satu ini sering digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan atau sebagai lalap yang enak bila dicocol dengan sambel.

3

Dibalik aromanya yang kurang menarik, petai mengandung banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan serta aman dikonsumsi oleh segala usia dan kalangan, termasuk ibu hamil. Ibu yang tengah mengandung seringkali mengalami masalah kesehatan yang susah untuk di atasi, karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jika mengkonsumsi obat sembarangan.

Manfaat pete bagi ibu hamil :

  • Menjaga kesehatan kulit
    Ada beberapa masalah kulit yang sering terjadi pada wanita hami, diantaranya kulit kering, kulit kusam, dan jerawat. Solusi yang paling tepat dari masalah itu semua adalah dengan mengkonsumsi pete karena pete mempunyai kandungan protein tinggi yang berguna untuk meregenerasi sel kulit mati pada tubuh.
  • Meredakan gejala maag
    Penyakit maag terjadi karena adanya kelebihan asam pada lambung. Pete mempunyai kandungan alkalin yang dapat menetralkan kelebihan zat asam pada lambung dan dapat mengurangi iritasi lapisan dinding lambung. Bagi wanita hamil, ini adalah berita yang sangat bagus, karena ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan terlalu banyak.
  • Meredakan masalah sembelit
    Sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Pete memiliki serat yang cukup tinggi untuk mengatasi keluhan sembelit pada ibu hamil.
  • Mengatasi masalah anemia dan tekanan darah tinggi
    Penyakit anemia terjadi karena kekurangan zat besi dalam tubuh, sedangkan darah tinggi disebabkan karena kurangnya kalium. Untuk itulah, pete sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami tekanan darah tidak normal, sebab pete mengandung nutrisi zat besi dan kalium yang dapat menormalkan tekanan darah pada ibu hamil.
  • Mengatasi masalah stres
    Petai mengandung tripopan yang dikenal mampu menjaga keseimbangan hormon kortisol yang menjadi salah satu penyebab timbulnya stress.